Varian Omicron Terdeteksi di 77 Negara, Bagaimana di Indonesia?

- Rabu, 15 Desember 2021 | 12:30 WIB
Ilustrasi omicron
Ilustrasi omicron

NEW YORK, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan virus corona baru varian Omicron mungkin sudah ada di sebagian besar negara di dunia. Kasus varian yang sangat bermutasi terdeteksi di 77 negara.

Tetapi kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan varian itu mungkin banyak yang belum mendeteksinya, dan menyebar pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dr Tedros mengatakan dia khawatir bahwa Omicron diremehkan.

Baca Juga: Bahas Omicron, Siti Fadilah: Makin Cepat Menular, Ganasnya Berkurang

"Tentunya, kami telah belajar sekarang bahwa kami meremehkan virus ini dengan risiko kami sendiri. Bahkan jika Omicron menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah, banyaknya kasus sekali lagi dapat membanjiri sistem kesehatan yang tidak siap," katanya dikutip dari Okezone.com, Rabu (15/12/2021).

Dr Tedros mengatakan kepada wartawan bahwa Omicron "menyebar pada tingkat yang belum pernah kita lihat dengan varian sebelumnya". Dalam konferensi pers pada Selasa (14/12), Dr Tedros juga menegaskan kembali kekhawatiran tentang ketidakadilan vaksin, karena beberapa negara mempercepat peluncuran suntikan booster sebagai tanggapan terhadap Omicron.

Baca Juga: WHO: Varian Omicron Lebih Menular daripada Delta, Tapi Gejalanya Tidak Terlalu Parah

Studi terbaru tentang vaksin Pfizer/BioNTech menunjukkan vaksin tersebut menghasilkan antibodi penetralisir yang jauh lebih sedikit terhadap Omicron daripada melawan galur asli, tetapi defisit ini dapat dibalikkan dengan suntikan ketiga, booster.

Dr Tedros mengatakan booster "dapat memainkan peran penting" dalam membatasi penyebaran Covid-19, tetapi itu adalah "masalah prioritas".

"Perintah itu penting. Pemberian booster kepada kelompok dengan risiko rendah penyakit parah atau kematian hanya membahayakan nyawa mereka yang berisiko tinggi yang masih menunggu dosis utama karena keterbatasan pasokan," terangnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X