Catat! Ini 7 Vaksin Covid yang Sudah Diakui WHO

Heldi Satria
- Minggu, 19 Desember 2021 | 23:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - Seluruh dunia terus menggenjot vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) turut membantu dunia memerangi Covid-19 melalui COVAX Facility, sebuah program untuk pengiriman dan mendistribusikan vaksin Covid-19 bagi negara berkembang dan miskin.

Vaksin yang masuk dalam program ini harus mendapatkan emergency use listing (EUL) dari WHO. EUL menilai kualitas, keamanan dan kemanjuran vaksin Covid-19 serta rencana manajemen risiko dan kesesuaian program seperti persyaratan cold chain (rantai dingin), seperti dikutip dari situs WHO, Rabu (15/12/2021).

Baca Juga: Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Bantai Malaysia dengan Skor 4-1

Berikut ini daftar vaksin Covid-19 yang mendapat izin EUL dari WHO:

1. Vaksin Sinopharm

WHO memerikan EUL pada vaksin Sinopharm yang diproduksi Beijing Bio-Institute of Biological Products Co Ltd, subsidiary of China National Biotec Group (CNBG) pada 7 Mei 2021. Vaksin ini menggunakan platform inactivated virus SARS-CoV-2.

WHO merekomendasikan vaksin Sinopharm bagi orang dewasa berusia 18 tahun ke atas sebanyak dua dosis dengan jarak penyuntikan tiga hingga empat minggu. Vaksin Sinopharm memiliki efikasi 79%.

2. Vaksin Pfizer/BioNTech

WHO memberikan izin EUL pada vaksin Pfizer/BioNtech pada 31 Desember 2020. Vaksin ini menggunakan Comirnaty Covid-19 mRNA. Vaksin ini memiliki efikasi 95% lawan Covid-19.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X