Bos Pfizer Bocorkan Kapan Pandemi Covid-19 Akan Berakhir

- Senin, 20 Desember 2021 | 08:15 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer. (Foto: Antara)
Ilustrasi vaksin Pfizer. (Foto: Antara)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bos Pfizer meramalkan bahwa pandemi Covid-19 akan berubah menjadi endemi di tahun 2024 mendatang. Sebelum tahun tersebut, Covid-19 virus corona masih belum berhenti penyebarannya dan tetap menjadi pandemi.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (20/12/2021), Global President of Pfizer Vaccines, Nanette Cocero meyebut virus ini nantinya akan mengalami masa transisi dari situasi darurat global menjadi sesuatu yang secara konstan ada, seperti halnya penyakit flu.

Baca Juga: Cegah Pandemi Covid-19, Polda Kepri Gencarkan Patroli Selama Nataru

"Kami percaya Covid akan bertransisi ke keadaan endemi, berpotensi pada tahun 2024", ujarnya.

Ia menambahkan, Covid-19 akan mencapai level endemi ketika populasi warga sudah punya cukup kekebalan, baik dari vaksin yang sudah diberikan atau mungkin juga dari infeksi virus Corona sebelumnya untuk membuat penularan, kematian dan perawatan di rumah sakit bisa dikontrol meskipun virus bersirkulasi.

Baca Juga: Aktif Dorong Ekonomi Kala Pandemi, PLN Raih Penghargaan The Best State Owned Enterprise In Nation Building

Sementara itu, Pfizer Chief Scientific Officer, Mikael Dolsten menambahkan, proyeksi ini juga bergantung pada bagaimana tepatnya evolusi penyakit ini terjadi, hingga seberapa efektif penyebaran vaksin ke masyarakat dan distribusi yang adil terutama di wilayah dengan tingkat vaksinasi rendah.

"Munculnya varian baru juga dapat berdampak pada bagaimana pandemi terus berlanjut", ujar Dolsten.

Ia menambahkan, waktu transisi Covid-19 ke negara-negara dengan status endemi dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X