Ngeri! Ibu-ibu Rumah Tangga di India Bunuh Diri Tiap 25 Menit

- Senin, 20 Desember 2021 | 09:30 WIB
Serangan terhadap orang Kristen oleh kaum radikal Hindu di India meningkat. (Aid to the Church in Need)
Serangan terhadap orang Kristen oleh kaum radikal Hindu di India meningkat. (Aid to the Church in Need)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan data yang baru-baru ini dirilis oleh Biro Catatan Kejahatan Nasional (NCRB), 22.372 ibu rumah tangga bunuh diri tahun lalu - atau rata-rata 61 kasus bunuh diri setiap hari atau satu setiap 25 menit.

Sebanyak 14,6% dari total 153.052 kasus bunuh diri yang tercatat di India pada tahun 2020 dan lebih dari 50% total jumlah perempuan yang bunuh diri adalah ibu rumah tangga.

Baca Juga: Akun Twitter PM India Dibajak, Sebar Hoaks Soal Bitcoin

Sejak 1997 ketika NCRB mulai mengumpulkan data bunuh diri berdasarkan pekerjaan, lebih dari 20.000 ibu rumah tangga telah bunuh diri setiap tahun. Pada 2009, jumlahnya naik menjadi 25.092.

Tetapi apa yang sebenarnya mendorong ribuan perempuan itu untuk mengambil nyawa mereka sendiri?.

Baca Juga: India Jadi Tujuan Ekspor Utama Sumbar

Pakar kesehatan mental mengatakan alasan utamanya adalah kekerasan dalam rumah tangga yang merajalela - 30% dari semua responden mengatakan dalam survei pemerintah baru-baru ini bahwa mereka telah mengalami kekerasan dari pasangan masing-masing - dan kesibukan sehari-hari yang dapat membuat mereka tertindas dalam kehidupan rumah tangga dan pernikahan.

"Perempuan rata-rata sangat tangguh, tetapi ada batas toleransinya," kata Dr Usha Verma Srivastava, psikolog klinis di Kota Varanasi dikutip dari Suara.com, Senin (20/12/2021).

"Kebanyakan anak perempuan langsung dinikahkan begitu mereka berusia 18 tahun - usia yang sah untuk menikah. Dia lalu jadi seorang istri dan menantu dan menghabiskan harinya di rumah, memasak, mencuci, dan melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

X