Topan Rai Terjang Filipina, Ratusan Orang Tewas

Dodi Caniago
- Selasa, 21 Desember 2021 | 04:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Filipina diterjang Topan Rai, korban tewas terus berjatuhan. Hingga Senin malam serangan jenis topan terkaut ini telah menewaskan ratusan orang.

Baca Juga: Korupsi, Mantan Bupati Kuansing Dituntut 8,5 Tahun Penjara

Seperti dilaporkan Channel News Asia, jumlah korban tewas akibat topan Rai melanjak menjadi
375 orang pada Senin (20/12/2021).

Polisi mengatakan, bahwa jumlah korban tewas dari Topan Rai telah meningkat menjadi 375 jiwa. Ini menjadikannya sebagai salah satu topan paling mematikan yang melanda negara itu. Lebih dari 500 orang terluka dan 56 orang dilaporkan hilang. Lebih dari setengah kematian yang dilaporkan oleh polisi terjadi di wilayah tengah Visayas, rumah bagi tempat menyelam di provinsi Bohol. Lokasi ini adalah satu di antara beberapa tujuan wisata paling populer di negara itu.

Jumlah korban tewas versi polisi jauh melampaui 58 kematian yang dicatat oleh Badan Bencana Nasional Filipina, yang mengatakan masih memeriksa laporan dari daerah yang terkena dampak.
Sementara Palang Merah Filipina melaporkan "pembantaian total" di daerah pesisir setelah Topan Rai meninggalkan rumah, rumah sakit, dan sekolah "tercabik-cabik".

Pemerintah Filipina pun memerintahkan militernya untuk mengirim pesawat dan kapal Angkatan Laut untuk membawa bantuan ke daerah-daerah yang hancur. Banyak wilayah tengah dan selatan negara itu terputus. Dengan terputusnya aliran listrik dan hubungan komunikasi, kian mempersulit upaya penyelamatan dan bantuan.

"Kami masih menilai kerusakannya, tapi itu sangat besar," kata Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana kepada seperti dilansir Sindonews.com.

"Hal pertama yang kami lakukan adalah menangani makanan dan air (persediaan) dan perawatan medis bagi yang terluka," lanjutnya.

Lorenzana mengatakan kepada Angkatan Bersenjata untuk mengirimkan barang bantuan menggunakan semua aset yang tersedia, dan mengirim lebih banyak pasukan jika perlu.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

X