Moderna Klaim Vaksin Booster Efektif Lawan Varian Omicron

- Selasa, 21 Desember 2021 | 20:55 WIB
Vaksin Moderna (Foto: ANTARA)
Vaksin Moderna (Foto: ANTARA)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Moderna merupakan salah satu produsen vaksin Covid-19 mengklaim bahwa vaksin boosternya masih efektif, memberikan perlindungan di tengah serangan varian Omicron.

Senin 20 Desember 2021, Moderna mengatakan hasil tes laboratorium menunjukkan kalau vaksin booster Covid-19 masih memberikan perlindungan terhadap varian Omicron yang saat ini sedang mendominasi lonjakan kasus di berbagai negara di dunia, seperti dikutip NBC News melalui Okezone.com, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Hasil Studi Buktikan, Booster Vaksin Pfizer dan Moderna yang Terbaik

Lebih lanjut Moderna menuturkan, data awal dari pengujian laboratorium menemukan bahwa vaksin booster yang sekarang digunakan di Amerika Serikat dan di tempat lainnya tersebut, memberikan peningkatan kadar antibodi untuk menetralisir virus.

Di sisi lain, ditemukan juga kalau dosis ganda dari vaksin booster memberikan peningkatan yang jauh lebih besar pada peningkatan kadar antibodi tersebut.

Baca Juga: Studi: Efektivitas Vaksin Pfizer, Moderna dan Johnson Turun Signifikan

Moderna menyebutkan, didapati bahwa 50 microgram vaksin booster meningkatkan level antibodi penetralisir terhadap Omicron sebanyak 37 kali lipat, jika dibandingkan dengan level sebelum mendapatkan booster atau penguat.

Sementara, jika dosisnya dinaikkan menjadi 100 mikrogram bisa memberikan peningkatan hingga 83 kali lipat dalam level antibodi penetralisir.

Kabar ini menjadi pertanda kalau vaksinasi booster adalah cara efektif untuk melindungi diri dalam melawan varian baru yang secara cepat menyebar dan mendominasi kasus global, hanya dalam kurun waktu satu bulan tersebut.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X