Hebat China, Pesawat Luar Angkasanya Mampu Meluncur di Bandara

- Rabu, 22 Desember 2021 | 23:22 WIB
Pesawat luar angkasa milik China di masa mendatang bakal bisa lepas landas tanpa roket. (Foto: Twitter)
Pesawat luar angkasa milik China di masa mendatang bakal bisa lepas landas tanpa roket. (Foto: Twitter)

HARIANHALUAN.COM - Pengembangan teknologi luar angkasa di China kian pesat, bahkan pesawat luar angkasanya bakal dibuat lepas landas di bandara pesawat komersial biasa.

Baca Juga: Taksi Udara Tenaga Listrik yang Dirancang untuk Bawa Penumpang Lakukan Uji Purwarupa oleh NASA

Sehingga, peswat luar angkasa China tidak lagi memerlukan lokasi peluncuran dan mampu lepas landas serta mendarat di bandara biasa.

Teknologi penerbangan luar angkasa China kini bisa dibilang telah maju dan melampaui Amerika Serikat. Sebab, sekarang mereka dapat meluncurkan pesawat luar angkasa tanpa propulsi roket.

Mengutip laman South Morning China Post, Rabu (22/12/2021), Negara Tirai Bambu itu mengembangkan pesawat luar angkasa yang dikenal sebagai Tengyun.

Pesawat tersebut memiliki sistem lepas landas dan pendaratan horizontal (HTHL). Dengan sistem ini memberikan keunggulan yang setara dengan AS, X-37B Orbital Test Vehicle (OTV) yang diluncurkan dengan roket, menurut majalah militer Naval and Merchant Ships.

“Teknologi pesawat luar angkasa China terinspirasi oleh X-37B AS, tetapi OTV Amerika masih perlu diluncurkan dengan roket, sementara China kini telah mengatasi keterbatasan ini,” kata pemimpin redaksi majalah Su Ming dalam sebuah video.

Dia merujuk pada uji terbang Tengyun yang dilakukan oleh pengembangnya, China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) milik negara, pada bulan Juli. Itu diluncurkan pada penerbangan sub orbital oleh kapal induk, bukan roket.

Tes HTHL yang berhasil menunjukkan bahwa pesawat luar angkasa China di masa depan akan dapat lepas landas dari bandara mana pun di negara ini.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Celebrities.id

Tags

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X