Intip Ribuan Mata Uang Islam dari Dinasti Umayyah Sampai Ottoman

- Jumat, 24 Desember 2021 | 09:21 WIB
Pameran mata uang Islam di Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Arabnews)
Pameran mata uang Islam di Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Arabnews)

HARIANHALUAN.COM - Peradaban Islam dimasa lalu cukup berkembang hingga ke benua Eropa menganut sistem kalifah. Dalam perdagangan era kejayaan Islam, mata uang yang digunakan berupa koin emas dan perak.

Baca Juga: Pangeran Arab Belikan Seorang Warga Mobil Baru, Usai Dapati Kendaraan Tersebut Mogok

Koleksi mata uang tersebut diantaranya masih bisa ditemukan di perpustakaan umum Raja Abdulaziz Riyadh di Arab Saudi di bawah koordinasi Kementerian Kebudayaan Arab Saudi.

Baca Juga: Bukan Asisten Rumah Tangga! Ini Tenaga Kerja dari Indonesia yang Paling Dibutuhkan Arab

Lebih dari 8.000 koin Arab dan Islam yang dicetak dipamerkan dengan pameran yang berasal dari periode Dinasti Umayyah, Abbasiyah, Andalusia, Fatimiyah, Ayyubiyah, Atabeg, Seljuk, Mamluk, dan Ottoman.

"Koleksi yang kami miliki di pameran ini menampilkan budaya Islam selama berabad-abad, dan merupakan tanggung jawab kami sebagai negara Islam untuk melestarikan harta ini dan menunjukkan kepada dunia peradaban kami," ungkap Faisal bin Muammar, pengawas umum perpustakaan, seperti dikutip dari laman Arabnews, Jumat (24/12/2021). 

Dia mencatat bahwa mata uang dan koin Islam adalah barang penting dalam membantu peneliti melacak serta mendokumentasikan sejarah Islam. Dijelaskan bahwa koleksi yang saat ini dipamerkan telah dikumpulkan selama 35 tahun.

"Kami memiliki tempat yang aman di perpustakaan tempat kami menyimpan koin. Perpustakaan memiliki aturan, peraturan, dan prosedur untuk memperoleh bagian apa pun. Memang terkadang kami mendapat koin palsu, tapi tim ahli kami bisa membedakannya," tambah dia. 

Dirinya lantas menunjukkan bahwa semua isi pameran telah didokumentasikan secara digital. Beberapa acara terkait diadakan di sela-sela pameran, termasuk peluncuran buku 'Kaligrafi Arab tentang Koin Islam' oleh Dr Nayef Al Sharaan yang ditugaskan oleh perpustakaan

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X