China Laporkan Kasus Baru Virus Corona dari Indonesia

- Jumat, 20 Maret 2020 | 23:35 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Shaanxi, China, melaporkan satu kasus baru virus corona (Covid-19) yang dibawa dari Indonesia.

Melalui keterangan resmi, pemerintah setempat menyatakan bahwa pasien merupakan pria berkewarganegaraan China berusia 35 tahun yang datang dari Indonesia.

"Dari 8 Maret hingga 16 Maret 2020, terdapat satu kasus pneumonia koroner baru (Covid-19) yang diimpor dari luar negeri (Indonesia) di Shaanxi," berikut bunyi pernyataan yang dipublikasikan pemerintah setempat dalam situs resmi.

Kabar ini juga dikonfirmasi oleh Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun.

"Betul sudah diumumkan pemerintah setempat di website-nya," kata dia, melalui aplikasi pesan singkat, Jumat (20/3), dilansir dari CNNIndonesia.com.

Djauhari mengungkapkan bahwa proses penanganan telah dikomunikasikan oleh pihak kedutaan besar kepada pemerintah setempat.

Pada 10 Maret lalu, pasien berinisial ZM dilaporkan mengalami gejala batuk dan demam. Kemudian, ia melakukan penerbangan dari Indonesia via Hong Kong ke Bandara Internasional Pudong Shanghai pada Jumat (13/3) malam, dan sempat bermalam di Vienna Hotel.

Pada Sabtu (14/3) sore, ZM melanjutkan perjalanan ke Shaanxi dan tiba di Bandara Internasional Xi'an Xianyang malam harinya. Ketika tiba di sana, ia sempat mengaku tidak enak badan pada petugas bandara.

Setelah dilakukan pengecekan suhu tubuh, ZM dirujuk ke RS Pusat Xi'an untuk diisolasi dan menjalani perawatan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Ngeri, 14 Orang Tewas Efek Tersambar Petir di Pakistan

Minggu, 12 September 2021 | 21:50 WIB

Bikin Merinding, Ular Kobra 'Teror' Pemotor di India

Sabtu, 11 September 2021 | 10:02 WIB
X