Raja Salman akan Pimpin KTT Virtual Luar Biasa G20 Bahas Corona

- Rabu, 25 Maret 2020 | 10:45 WIB

ARAB SAUDI, HARIANHALUAN.COM - Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi akan memimpin Konferensi Tingkat Tinggi Virtual Luar Biasa Kelompok 20 Negara (G20) yang khusus membahas upaya global memerangi pandemi virus corona. KTT Virtual G20 itu akan berlangsung Kamis 26 Maret 2020.

Menurut Arab News, pertemuan luar biasa dengan format telekonferensi itu melibatkan para pemimpin negara anggota G20, di mana Indonesia termasuk di dalamnya. KTT itu juga mengundang pemimpin Yordania, Spanyol, Singapura, dan Swiss, yang juga sama-sama tengah menanggulangi wabah virus covid-19. Pemimpin Uni Emirat Arab pun turut serta. Ini terkait kapasitasnya sebagai pemimpin Dewan Kerjasama Negara-negara Teluk.  

Saudi Gazette mengungkapkan KTT luar biasa ini juga akan melibatkan pimpinan organisasi internasional, yaitu PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dana Moneter Internasional (IMF) hingga Organisasi Pembangunan Kerjasama Ekonomi (OECD). Begitu pula pimpinan organisasi regional, seperti ASEAN (Vietnam), Uni Afrika (Afrika Selatan, Dewan Kerjasama Negara Teluk (Uni Emirat Arab), dan Kemitraan Pembangunan Afrika (Rwanda)

Sebelum pertemuan para pemimpin Kamis esok, para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 telah menggelar pertemuan persiapan yang juga berformat virtual.  Mengikuti pertemuan virtual itu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa semua anggota G20 sepakat untuk bekerjasama menanggulangi pandemi virus corona. 

Sri Mulyani menjelaskan, stabilitas keuangan menjadi penting untuk memastikan ekonomi global tidak terpuruk lebih dalam akibat pandemi Covid-19 ini. Beberapa Bank Sentral di negara G20 bahkan telah berinisiatif untuk melakukan kerjasama swap line. (*)

 

Editor: Administrator

Terkini

Ngeri, 14 Orang Tewas Efek Tersambar Petir di Pakistan

Minggu, 12 September 2021 | 21:50 WIB

Bikin Merinding, Ular Kobra 'Teror' Pemotor di India

Sabtu, 11 September 2021 | 10:02 WIB

Unik! Korea Utara Hanya Boleh Ada 15 Model Rambut Ini

Rabu, 8 September 2021 | 20:55 WIB
X