Genghis Khan Penguasa Abad ke-13, Berkuasa 65 Tahun

- Senin, 27 Desember 2021 | 04:13 WIB
Genghis Khan/Foto: globalatlanta.com/ (Jefli)
Genghis Khan/Foto: globalatlanta.com/ (Jefli)

HARIANHALUAN.COM - Pendiri Kekaisaran Mongolia, Genghis Khan terkenal dengan aksinya yang bengis dalam menaklukkan bangsa-bagsa lain.

Baca Juga: Kisah Genghis Khan, Pernah Kirim 30 Ribu Pasukan ke Jawa

Genghis Khan lahir pada 1162 dan wafat pada 1227. Dia terlahir dengan nama Temujin, disebut berkuasa selama 65 tahun juga dikenal menghabisi populasi umat Islam.

Pasukan Mongol Genghis Khan sering melakukan genosida dan pemusnahan masal dalam skala yang kolosal saat menaklukan daerah jajahannya.

Sekitar 40 juta orang terbunuh sepanjang pelaksanaan operasi militer Mongol pada abad 13. Angka itu setara dengan 280 juta jiwa jika dibandingkan dengan populasi abad 20 – sekitar 4 kali jumlah korban Perang Dunia I dan II digabungkan sekaligus.

Saat menaklukkan sebagian besar Asia, China hingga Persia pasukan Genghis Khan dikenal kerap membantai para pria dan menjadikan wanita sebagai gundik.

Menurut banyak literasi sejarah, Jengis Khan punya harem atau selir bisa lebih dari 1.000 wanita.

Mengutip The Guardian, fakta bahwa Genghis Khan pernah ‘tiduri’ wanita itu dibuktikan lewat penelitian DNA menguak bukti bahwa hampir 40 juta orang di dunia ini terindikasi merupakan keturunan Jenghis Khan.

Secara statistik berarti 1 dari 200 populasi di dunia. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh pakar genetika evolusi dari Wellcome Trust Sanger Institute, Hinxton, Inggris bernama Chris Tyler-Smith, menyebutkan bahwa lebih dari 16 juta pria memiliki unsur genetika sebagai keturunan Genghis Khan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X