Kedubes AS Perintahkan Keluarganya Tinggalkan Indonesia

- Kamis, 26 Maret 2020 | 22:22 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia mengimbau anggota keluarga Kedubes mereka yang berusia dibawah 21 tahun untuk meninggalkan Indonesia. Keputusan itu diambil atas dasar pertimbangan penanganan virus korona (COVID-19) di Indonesia.

"Pada tanggal 25 Maret, Departemen Luar Negeri AS memerintahkan keberangkatan anggota keluarga karyawan Kedutaan di bawah usia 21 tahun dari Kedutaan Besar Jakarta, Konsulat Jenderal Surabaya dan Konsulat Medan," tulis Kedubes AS melalui laman resminya seperti dilansir detikcom pada Kamis (26/3/2020).

Kedubes AS menjelaskan bahwa keputusan itu berdasarkan dua pertimbangan. Yaitu ketersediaan peralatan medis di Indonesia untuk menangani virus Corona dan jadwal penerbangan. "Departemen Luar Negeri membuat keputusan ini karena COVID-19 di Indonesia, kapasitas medis Indonesia saat ini dan ketersediaan penerbangan dari Indonesia," jelasnya.

Kedubes AS mengatakan kantor tetap beroperasi. Mereka tetap memberikan pelayanan kepada warganya. "Kedutaan Besar AS di Jakarta, Konsulat Jenderal AS di Surabaya dan Konsulat Medan tetap terbuka hanya untuk fungsi-fungsi Misi. Layanan untuk warga AS tetap tersedia," katanya.

Kedubes AS juga mengimbau kepada warganya untuk segera kembali ke Amerika. Kecuali untuk mereka yang memiliki paspor tinggal tetap. "Warga negara AS yang ingin meninggalkan Indonesia harus mengatur jadwal perjalanan mereka secepat mungkin, karena penerbangan komersial masih tersedia, meskipun jadwal penerbangan sangat berkurang," tutupnya. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Ngeri, 14 Orang Tewas Efek Tersambar Petir di Pakistan

Minggu, 12 September 2021 | 21:50 WIB

Bikin Merinding, Ular Kobra 'Teror' Pemotor di India

Sabtu, 11 September 2021 | 10:02 WIB
X