6 Kali APBN Indonesia, Anggaran Belanja Militer AS 2022 Sentuh Rp11 Ribu Triliun

- Selasa, 28 Desember 2021 | 08:45 WIB
Joe Biden (By:John Locher/AP)
Joe Biden (By:John Locher/AP)

WASHINGTON DC, HARIANHALUAN.COM - Presiden AS Joe Biden menandatangani Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional AS, atau NDAA, untuk tahun fiskal 2022. UU itu mengesahkan belanja militer AS sebesar 770 miliar AS (hampir Rp11.000 triliun) selama tahun 2022.

Demikian kata Joe Biden di Gedung Putih mengungkapkan pada Senin (27/12/2021).

Baca Juga: Tak Mau Divaksin? Joe Biden: Seminggu Sekali Wajib Tes Covid-19

Awal bulan ini, Senat dan DPR AS memberikan persetujuan dengan jumlah suara sangat besar untuk RUU NDAA 2022. Ada dukungan kuat dari kedua kekuatan politik di parlemen, yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik, untuk kebijakan pengaturan undang-undang tahunan untuk Departemen Pertahanan itu.

Melansir dari iNews.id, Selasa (28/12/2021), RUU NDAA diawasi dengan ketat oleh banyak industri dan kepentingan lainnya karena ini adalah satu-satunya RUU utama yang selalu disahkan menjadi undang-undang setiap tahun di Amerika Serikat. RUU itu membahas berbagai masalah. RUU NDAA sudah menjadi undang-undang setiap tahun selama enam dekade di negeri Paman Sam.

Baca Juga: Hoaks Covid-19 Makin Marak, Joe Biden: Media Sosial Bisa Membunuh

NDAA 2022 mengotorisasi pengeluaran militer AS sekitar 5 persen lebih banyak daripada tahun lalu. UU itu juga menjadi titik kompromi setelah negosiasi intens antara DPR dan Senat dari kalangan Demokrat dan Republik, setelah pembahasannya sempat terhenti oleh perselisihan mengenai kebijakan AS tentang China dan Rusia.

Anggaran pertahanan dalam UU itu mencakup kenaikan gaji 2,7 persen untuk tentara, serta pembelian pesawat dan kapal Angkatan Laut AS. Di samping itu, dana belanja dalam UU itu juga dialokasikan untuk strategi AS menghadapi ancaman geopolitik, terutama Rusia dan China.

Di dalam NDAA 2022 juga mencakup 300 juta dolar AS untuk Inisiatif Bantuan Keamanan AS di Ukraina. Dana itu diperuntukkan sebagai dukungan kepada Angkatan Bersenjata Ukraina.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

X