Khawatir Serangan Nuklir, Israel Siapkan Dana Rp41 Triliun Lawan Iran

- Kamis, 30 Desember 2021 | 13:45 WIB
Konflik antara Israel dan Palestina utamanya di Jalur Gaza makin memanas, 2 petani Palestina tewas akibat serangan Israel di wilayah itu. (Ynetnews)
Konflik antara Israel dan Palestina utamanya di Jalur Gaza makin memanas, 2 petani Palestina tewas akibat serangan Israel di wilayah itu. (Ynetnews)

ISRAEL, HARIANHALUAN.COM - Militer Israel dilaporkan telah menyusun beberapa skenario untuk menyerang Iran, tetapi memperingatkan pemerintah bahwa hasil dari tindakan tersebut – atau dampaknya terhadap program nuklir Teheran – sulit diprediksi.

Haaretz melaporkan pada Rabu (29/12), Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengalokasikan sekitar sembilan miliar shekel (Rp41 triliun) untuk mempersiapkan kemungkinan serangan terhadap Iran.

IraeBaca Juga: Ternyata Nama Muhammad Populer di Israel, Tercatat Ribuan

Untuk tujuan ini, IDF dilaporkan telah memperoleh senjata canggih, menjalankan latihan angkatan udara dan memilih target serangan baru dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut laporan itu, para pejabat militer telah mengatakan kepada pemerintah bahwa IDF siap menyerang segera setelah mendapat persetujuan. Tapi hal itu menyebabkan sejumlah konsekuensi potensial, termasuk pecahnya pertempuran dengan Hizbullah di Lebanon atau dengan Hamas di Gaza.

Baca Juga: Satu Kasus Kematian Akibat Varian Omicron Terjadi di Israel

Perang di Gaza IDF juga tampaknya sudah bekerja untuk memperkuat hubungan pertahanan dengan Mesir, Yordania, Siprus, Yunani dan beberapa negara Teluk, melalui pengumpulan intelijen dan operasi kontra-terorisme bersama.

Para pejabat dilaporkan mengatakan ini akan “memberikan legitimasi yang lebih besar” untuk potensi serangan terhadap Iran.

Selain itu, IDF mencatat bahwa Iran telah memperluas susunan pertahanan udaranya dalam beberapa tahun terakhir, yang akan memperumit serangan udara yang masuk. Mereka mengklaim bahwa Teheran juga telah secara signifikan meningkatkan persenjataan rudal jarak jauhnya. Iran diduga dapat mengenai titik mana pun di Israel dengan mudah.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X