Gawat! Badai Siklon Tropis Ancam 4 Kota Besar Dunia

- Minggu, 2 Januari 2022 | 08:30 WIB
ilustrasi cuaca ekstrim badai diiringi petir (Pixabay/12019)
ilustrasi cuaca ekstrim badai diiringi petir (Pixabay/12019)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kabar terbaru menyebutkan bahwa perubahan iklim akan memperluas jangkauan badai siklon tropis hingga ke wilayah yang berpenduduk tinggi.

Perubahan iklim yang disebabkan kenaikan suhu ini akan memungkinkan badai terbentuk di garis lintang tengah. Adapun area garis lintang tersebut yakni kota New York, Beijing, Boston, dan Tokyo. Ini berarti badai ini akan mengancam 4 kota besar tersebut.

Baca Juga: Jembatan Destinasi Wisata Talao Pauh Kota Pariaman Rusak Diterjang Badai

Fisikawan dari Universitas Yale, Dr Joshua Studholme mengatakan, badai subtropis Alpha pernah merusak Portugal pada September 2020 dengan skala yang lebih kecil.

"Mungkin ini terlihat biasa, tetapi kami belum pernah mengamati ini sebelumnya. InI sebelumnya tidak pernah terjadi di Portugal," katanya seperti dikutip dari BBC melalui CNBC Indonesia, Minggu (2/1/2022).

Baca Juga: Badai, Ikan Laut Langka di Pasar Raya Padang

Studholme menambahkan, iklim yang memanas ini akan membuat lebih banyak menyebabkan badai siklon terjadi di garis lintang tengah. Sayangnya, ke 4 negara tadi memiliki sebagian besar penduduk dunia dan banyak kegiatan ekonomi berlangsung di dalamnya. Sehingga, jelas ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri.

Selain itu, dengan semakin panasnya dunia, perbedaan suhu antara daerah khatulistiwa dan kutub akan semakin berkurang, dan ini akan berdampak pada aliran jet stream.

Penelitian baru yang diterbitkan jurnal Nature Geoscience juga menunjukkan bahwa siklon tropis di masa depan kemungkinan akan terjadi dalam rentang yang lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X