Berharta Rp1.068 Triliun, Pria Ini Jadi Orang Terkaya Nomor 2 di India

- Minggu, 2 Januari 2022 | 09:30 WIB
 Gautam Adani. Dok wartaekonomi
Gautam Adani. Dok wartaekonomi

NEW DELHI, HARIANHALUAN.COM - Gautam Adani adalah pengusaha dan miliarder India yang merupakan konglomerat multinasional pemilik Adani Group. Dia merupakan orang terkaya kedua di India setelah Mukesh Ambani dengan kekayaan tercatat sebesar 75,3 miliar dolar AS atau Rp1.068,1 triliun, menurut Bloomberg.

Mengutip dari Sugermint melalui iNews.id, Minggu (2/1/2022), Gautam lahir dalam keluarga Gujarati-Jain pada 24 Juni 1962 di Ahmedabad, Gujarat. Nama ayahnya Shantilal Adani dan ibunya Shanti Adani.

Baca Juga: Baru Berusia 19 Tahun, Pria Ini Punya Harta Rp 50 T

Ayahnya adalah seorang pedagang tekstil. Gautam memiliki 7 saudara kandung dan orang tuanya bermigrasi dari kota kecil Tharad di bagian utara Gujarat dengan harapan bisa mendapatkan kesempatan yang lebih baik bagi keluarga mereka.

Gautam menyelesaikan SMA di Sheth Chimanlal Nagindas Vidyalaya di Ahmedabad. Kemudian Dia mendaftar kuliah di Universitas Gujarat, namun dia meyadari bidang akademisi tidak cocok dengannya. Dia pun mengejutkan banyak orang karena memilih putus kuliah setelah tahun kedua kuliahnya.

Baca Juga: Harta Warisan Vanessa Angel dan Suami untuk Gala Sky Capai Rp1 Miliar?

Pada 1978, sebagai seorang remaja, Gautam pindah ke Mumbai, kota impiannya dengan hanya membawa 100 rupee. Dia bekerja sebagai penyortir berlian untuk Mahendra Brothers selama 2-3 tahun. Pada saat yang sama, Adani mendirikan perusahaan pialang berliannya sendiri di Zaveri Bazaar, pasar perhiasan Mumbai yang tak tertandingi.

pada 1981, Mansukhbhai Adani, kakak laki-laki Gautam membeli unit bisnis plastik di Ahmedabad dan mengajaknya untuk mengelola bisnis tersebut. Gautam Adani memulai bisnis impor polimer primer untuk industri kecil pada 1985.

Pada 1988, Gautam mendirikan Adani Exports Limited, perusahaan induk dari Grup Adani. Saat ini, perusahaan itu dikenal sebagai Adani Enterprises Limited, di mana awalnya bergerak di bidang listrik dan komoditas pertanian.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

X