Duh! Ratusan Muslimah Dijual Lewat Online, Foto Diedit Jadi Menggoda

- Senin, 3 Januari 2022 | 18:55 WIB
Ilustrasi Online (Pixabay/Firmbee)
Ilustrasi Online (Pixabay/Firmbee)

NEW DELHI, HARIANHALUAN.COM - Ratusan Muslimah dijual melalui aplikasi lelang di India. Foto-foto mereka diedit terlebih dulu sehingga tampil seperti perempuan menggoda oleh pihak tak bertanggung jawab sebelum ditawarkan secara online.

Aplikasi bernama Bulli Bai itu sudah tak aktif setelah dilaporkan ke kepolisian Delhi. Foto-foto para korban tampaknya diambil dari akun media sosial masing-masing sebelum diedit.

Baca Juga: Muslimah Hebat, Wanita Ini Tolak Uang Rp1 Miliar untuk Lepaskan Islam

Kasus ini terungkap setelah seorang pengguna Twitter membagikan informasi detail soal Bulli Bai beserta tautan ke platform pembuat perangkat lunak, GitHub. Pada Sabtu lalu, cuitan itu mendapat respons dari beberapa perempuan bahwa nama dan wajah mereka muncul di aplikasi tersebut.

Kepolisian Delhi lalu menyelidiki kasus ini setelah mendapat laporan dari Ismar Ara, seorang Muslimah yang juga jurnalis, salah satu korban yang wajahnya ikut terpampang. GitHub langsung menghapus aplikasi tersebut.

Baca Juga: Malak Shalabi Menjadi Muslimah Berhijab Pertama di Universitas Washington

Menteri Teknologi Informasi Ashwini Vaishnaw dalam cuitannya, seperti dikutip dari RT melalui iNews.di, Senin (3/1/2022), mengatakan, Tim Tanggap Darurat Komputer, badan keamanan siber di bawah kementerian, juga menyelidiki kasus ini.

Ara menyebut awal tahun ini harus dilewati dengan rasa takut dan jijik. Dia juga membagikan tangkapan layar aplikasi Bulli Bai di akun Twitter-nya.

Dalam posting-an, Ara menyebut aplikasi itu memuat foto dirinya yang sudah diedit sehingga tampil seperti sosok yang cabul.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

X