Akui Tak Dapat Dimenangkan, 5 Negara Ini Sepakat Hindari Perang Nuklir

- Selasa, 4 Januari 2022 | 11:45 WIB
Latihan kekuatan nuklir strategis Rusia akan diadakan pada awal 2022
Latihan kekuatan nuklir strategis Rusia akan diadakan pada awal 2022

WASHINGTON, HARIANHALUAN.COM - China, Rusia, Inggris, Amerika Serikat dan Prancis telah sepakat bahwa pengembangan lebih lanjut senjata nuklir dan perang nuklir harus dihindari.

Hal ini merupakan pernyataan bersama oleh lima kekuatan nuklir yang diterbitkan oleh Kremlin pada Senin (3/1/2022).

Baca Juga: Di Luar Dugaan! Ini Fokus Kim Jong-un 2022, Bukan Senjata Nuklir

Melansir dari Reuters melalui Kontan.co.id, Selasa (4/1/2022), dikatakan bahwa lima negara - yang merupakan anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa - menilai bahwa tanggung jawab utama mereka adalah untuk menghindari perang antara negara-negara nuklir dan untuk mengurangi risiko strategis, sambil bertujuan untuk bekerja dengan semua negara untuk menciptakan keamanan.

"Kami menegaskan bahwa perang nuklir tidak dapat dimenangkan dan tidak boleh diperangi," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Baca Juga: Waw! NASA Dikabarkan Ingin Bangun Reaktor Nuklir di Bulan?

“Karena penggunaan nuklir akan memiliki konsekuensi yang luas, kami juga menegaskan bahwa senjata nuklir – selama mereka terus ada – harus melayani tujuan defensif, mencegah agresi, dan mencegah perang,” lanjut pernyataan bersama tersebut.

Prancis juga merilis pernyataan yang sama. Negara ini menggarisbawahi bahwa lima kekuatan menegaskan kembali tekad mereka untuk mengontrol senjata nuklir dan perlucutan senjata. Mereka akan melanjutkan pendekatan bilateral dan multilateral dalam pengendalian senjata nuklir.

Pernyataan dari apa yang disebut kelompok P5 datang ketika hubungan bilateral antara Amerika Serikat dan Moskow telah jatuh ke titik terendah sejak akhir Perang Dingin. Sementara hubungan antara Washington dan China juga berada pada titik terendah karena berbagai ketidaksepakatan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kontan.co.id

Tags

Terkini

X