WHO Sebut Banyak Bukti Gejala Omicron Lebih Ringan dari Varian Delta

- Rabu, 5 Januari 2022 | 07:15 WIB
Mantan Direktur WHO Asia Tenggara Beberkan Informasi Awal Varian Baru COVID 19, B.1.1.529, Bermutasi Terbanyak (Foto: AP)
Mantan Direktur WHO Asia Tenggara Beberkan Informasi Awal Varian Baru COVID 19, B.1.1.529, Bermutasi Terbanyak (Foto: AP)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kini sudah ada lebih banyak bukti muncul yang menyatakan bahwa virus corona varian Omicron menyebabkan gejala yang lebih ringan daripada varian sebelumnya.

Melansir dari Al Jazeera melalui CNBC Indonesia, Rabu (5/1/2022), Manajer Insiden WHO Abdi Mahamud mengatakan pada konferensi pers bahwa lebih banyak bukti muncul bahwa Omicron mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan gejala yang lebih ringan daripada jenis sebelumnya.

Baca Juga: Direksi Terpapar Omicron , PLN Tetap Pastikan Pengamanan Pasokan Batu Bara untuk PLTU

Namun, dia menambahkan bahwa penularan Omicron yang tinggi artinya varian akan menjadi dominan dalam beberapa minggu ke depan di banyak tempat. Ini tentu menimbulkan ancaman di negara-negara, di mana sebagian besar populasinya belum dan tidak divaksinasi.

Ditanya oleh perwakilan media di Jenewa tentang apakah vaksin khusus Omicron diperlukan, Mahamud mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakannya. Namun ia menekankan bahwa keputusan tersebut memerlukan koordinasi global dan tidak boleh diserahkan kepada sektor komersial.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Omicron, Pemerintah Siapkan 400 Ribu Tempat Tidur RS

Menteri vaksin Inggris pada Selasa (4/1/2022) mengatakan pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 secara luas menunjukkan gejala yang tidak terlalu parah daripada sebelumnya.

Di sisi lain, semenjak adanya omicron, India telah melaporkan jumlah infeksi Covid-19 tertinggi dalam 24 jam terakhir sejak awal September. Kini jumlah total infeksi menjadi 34,9 juta. Kematian meningkat 124 hingga mencapai total 482.017.

Salah satu orang yang baru terinfeksi adalah Ketua Menteri Delhi Arvind Kejriwal, yang berbicara pada rapat umum pemilihan pada hari Senin tanpa mengenakan masker.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X