3 Fakta IHU, Virus Corona Varian Baru dari Perancis

- Rabu, 5 Januari 2022 | 15:35 WIB
Virus IHU
Virus IHU

 


HARIANHALUAN.COM - Belum juga mereda lonjakan kasus Covid-19 di berbagai negara akibat paparan varian Omicron, Organisasi Kesehatan Dunia WHO kini mengonfirmasi adanya virus corona varian baru yang disebut IHU.

Varian IHU atau B.1.640.2 pertama kali terdeteksi di Perancis Selatan, sekitar Desember 2021. Keberadaannya kini mulai menarik perhatian para ahli global.

Para peneliti di Institut Rumah Sakit Universitas Infeksi Mediterranee (IHU) yang berbasis di Marseille, Perancis menemukan varian tersebut memiliki 46 mutasi.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran kalau IHU bisa lebih resisten terhadap vaksin Covid-19 yang ada saat ini.

Manajer insiden WHO Abdi Mahamud, mengatakan varian IHU telah dalam pantauan timnya. Mereka mengetahui bahwa varian IHU memiliki banyak peluang untuk menyebar. Meski begitu, tidak ditandai menyebabkan masalah besar sejak pertama kali terindentifikasi.

Baca Juga: Penampakan Uang Logam Pecahan Rp500.000 yang Terbuat dari Emas!

Dikutip dari NDTV, berikut sejumlah fakta mengenai virus corona varian IHU tersebut.

1. Kasus IHU Pertama Terjadi Pada Orang Dewasa
Sebanyak 12 orang telah terkonfirmasi terinfeksi Covid-19 varian IHU di daerah Marseille, Perancis. Beberapa dari mereka telah dirawat di rumah sakit karena penyakit tersebut. Sejumlah orang itu dikaitkan memiliki riwayat perjalanan ke salah satu negara Afrika, yakni Kamerun.

Baca Juga: Begini Cara Mengembalikan Chat di WhatsApp

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

X