Wanita Suku Miao Punya Tradisi Unik Hias Rambut

- Selasa, 11 Januari 2022 | 23:28 WIB
Wanita Suku Miao/wikipedia
Wanita Suku Miao/wikipedia

HARIANHALUAN.COM - Wanita Suku Miao di China memiliki tradisi unik memakai hiasan rambut yang tak biasa. Hiasan kepala itu berasal dari nenek moyang dan dianggap dapat meningkatkan kepercayaan diri sekaligus membuat terlihat cantik. 

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Tahun Baru di Berbagai Negara, Pakai Celana Pink Hingga Makan Anggur 12 Buah

Hiasan rambut atau sejenis wig yang dimiliki suku yang tinggal di wilayah Suojia, Liupanshui itu memiliki bentuk yang tidak biasa. Wig tersebut berbentuk tanduk.

"Menurut budaya Miao, suatu kebanggaan bagi perempuan dengan memakai wig tersebut untuk penghormatan terhadap leluhur," seperti dikutip dari Daily Mail.

Baca Juga: Tradisi Adat 'Mandabiah Kabau Nan Gadang' Tanda Mulai Tanam Padi Serentak, Lestari di Koto Baru Solok Selatan

Suku Miao merupakan salah satu suku yang termasuk golongan minoritas di China. Suku ini tersebar di beberapa bagian seperti Hainan, Guizhou, dan sebagainya. Konon, suku Miao masih merupakan kerabat dari suku Nanman pada era Dinasti Han.

Terkait wig tanduk palsu, perempuan Suku Miao zaman dahulu menyimpan rambut yang rontok saat disisir. Rambut Iinilah yang selanjutnya dikumpulkan dan dijalin sedemikian rupa dengan penyangga tanduk sapi atau kayu yang berbentuk sama.

Proses menyulam inilah yang melahirkan wig berbentuk tanduk sapi. Hingga akhirnya menjadi salah satu tradisi unik dunia.

Setiap wig diturunkan dari ibu ke anaknya, yang juga diwariskan dari garis nenek moyang perempuan sejak ratusan tahun lalu. Karena wig tersebut merupakan kumpulan rambut yang tidak hanya dari rambut ibunya, tetapi juga rambut nenek dan generasi sebelumnya lagi.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wanita Suku Miao Punya Tradisi Unik Hias Rambut

Selasa, 11 Januari 2022 | 23:28 WIB

Kesulitan Bayar Utang, Sri Lanka Barter Pakai Teh

Senin, 10 Januari 2022 | 14:45 WIB
X