WHO: Setengah Orang di Eropa akan Terinfeksi Omicron pada Maret 2022

- Rabu, 12 Januari 2022 | 08:45 WIB
Ilustrasi WHO
Ilustrasi WHO

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - WHO kembali memberi kabar buruk soal Omicron. Selasa (11/1/2022), lembaga itu memprediksi bahwa lebih dari setengah orang di Eropa kemungkinan akan terkena Omicron di Maret.

Lembaga PBB itu menyebut Eropa kini menjadi pusat wabah dengan kondisi mengkhawatirkan. Benua itu melaporkan jumlah kematian dan kasus terbesar di seluruh dunia saat ini, dengan hampir delapan juta infeksi dalam tujuh hari terakhir.

Baca Juga: Waspadalah! Peringatan Baru WHO soal Varian Omicron

"Hari ini, varian Omicron menjadi gelombang pasang baru dari Barat ke Timur (Eropa) yang menyapu seluruh wilayah melebihi Delta," katan Direktur Regional WHO untuk Eropa Hans Kluge, dikutip dari CNN International melalui CNBC Indonesia, Rabu (12/1/2022).

"Pada tingkat ini, Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan (IHME) memperkirakan bahwa lebih dari 50% populasi di wilayah tersebut akan terinfeksi Omicron dalam enam hingga delapan minggu ke depan."

Baca Juga: WHO Catat 41 Juta Kematian akibat Penyakit Tak Menular

Wilayah Eropa WHO mencakup 53 negara dan wilayah termasuk beberapa di Asia Tengah. Kluge mengatakan 50 di antaranya memiliki kasus Omicron.

Karenanya WHO meminta negara-negara untuk memperkuat apuran masker berkualitas tinggi, terutama dalam ruangan tertutup. Apalagi Omicron sangat menular dan mampu menembus antibodi.

Belum lagi catatan vaksin di Eropa yang tergolong rendah. Ini memprihatinkan WHO karena kemungkinan akan mendorong infeksi parah di sejumlah negara.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X