Fakta Tsunami Tonga Usai Letusan Gunung Api, Gelombang Capai...

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 18:55 WIB
Ilustrasi Tsunami. (Pixabay / KELLEPICS)
Ilustrasi Tsunami. (Pixabay / KELLEPICS)

TONGA, HARIANHALUAN.COM - Gunung berapi Hunga Ha'appai di Tonga meletus pada Sabtu (15/1/2022). Letusan itu lantas memicu tsunami di negara pantai itu. Salah satunya gelombang setinggi 1,2 meter di Nuku Alofa.

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu (15/1/2022), kepolisian dan otoritas setempat lantas meminta agar warga berpindah ke tempat yang lebih tinggi. Langit di Tonga pun tampak gelap, efek dari letusan gunung tersebut.

Baca Juga: Astaghfirullah! Tsunami Hantam Tonga Usai Gunung Hunga Ha'aapai Meletus

Sejauh ini, belum ada peringatan tsunami untuk negara-negara tetangga Tonga seperti Fiji, Samoa, dan Selandia Baru. Namun demikian, wartawan ABC Australia Tali Auliitia melaporkan dampak erupsi terasa di Fuji, Samoa, dan Samoa Amerika.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial Twitter, tampak air masuk ke salah satu pantai di Tonga. Video itu dibagikan Dr. Faka'iloatonga Taumoefolau via akun Twitternya.

Gunung Hunga Tonga-Hubga Ha'apai terletak sekitar 30 kilometer tenggara Pulau Fonuafo'ou di Tonga. Gunung itu telah aktif sejak 20 Desember 2021, tapi dinyatakan tidak aktif pada 11 Januari 2022. (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

China Ciptakan Bulan Buatan, untuk Apa?

Senin, 17 Januari 2022 | 08:30 WIB

Wanita Suku Miao Punya Tradisi Unik Hias Rambut

Selasa, 11 Januari 2022 | 23:28 WIB
X