China Ciptakan Bulan Buatan, untuk Apa?

- Senin, 17 Januari 2022 | 08:30 WIB
Ilustrasi bulan
Ilustrasi bulan

CHINA, HARIANHALUAN.COM - Para ilmuwan di China membangun fasilitas 'Bulan buatan'. Rencananya, tempat itu akan diluncurkan tahun ini akan serupa seperti keadaan di Bulan.

Ini untuk melakukan simulasi pada lingkungan gravitasi rendah dengan magnet. Di sana akan menggunakan medan magnet yang kuat pada ruangan vakum dengan diameter 60 centimeter untuk membuat gravitasi menghilang.

Baca Juga: Terinfeksi Penyakit, China dan Filipina Tunda Impor Daging dari Kanada

Insinyur geoteknik di Universitas Pertambangan dan Teknologi China, Li Ruilin mengatakan ruangan akan diisi dengan batuan dan debu. Dengan tujuan meniru permukaan Bulan, dan diklaim jadi 'yang pertama dari jenisnya di dunia', dikutip dari Live Science melalui CNBC Indonesia, Senin (17/1/2022).

Li Ruilin juga mengatakan fasilitas buatan dapat mempertahankan kondisi gravitasi rendah seperti itu, selama yang diinginkan.

Baca Juga: Masih Ekspansif, PMI Manufaktur Indonesia Ungguli Thailand dan China

Tujuan pembuatan fasilitas itu adalah untuk menguji teknologi di lingkungan gravitasi rendah berkepanjangan sebelum mengirimkan ke Bulan. Sebagai informasi, di Bulan gravitasinya hanya seperenam dari yang dimiliki Bumi.

Dengan begitu, diharapkan dapat mengatasi masalah teknis dan menguji apakah struktur tertentu bisa bertahan di permukaan Bulan. Termasuk juga menilai kelayakan hunian manusia di sana.

Beberapa eksperimen, seperti tes dampak membutuhkan beberapa detik (di simulator)," ungkapnya. "Tapi yang lain, seperti pengujian creep dapat memakan waktu beberapa hari".

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X