Tsunami Tonga Sampai AS dan Jepang, Bagaimana Nasib Indonesia?

- Senin, 17 Januari 2022 | 08:45 WIB
Ilustrasi tsunami menerjang pantai (Foto pixabay)
Ilustrasi tsunami menerjang pantai (Foto pixabay)

TONGA, HARIANHALUAN.COM - Letusan gunung berapi besar di Tonga memicu kerusakan signifikan di negara itu. Ibu kota Nuku'alofa tak hanya tertutup debu tapi juga diterjang tsunami setinggi 1,2 meter.

Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus dahsyat Sabtu (15/1/2022). Ini juga memicu tsunami di garis pantai Pasifik, bahkan hingga Jepang ke Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Tsunami di Tonga, Sampai Kini Nasib 5 WNI Belum Diketahui

Mengutip dari AFP melalui CNBC Indonesia, Senin (17/1/2022), gelombang sekitar 1,2 meter melanda sepanjang pantai Pasifik Jepang, tepatnya di pulau selatan terpencil, Amami Oshima. Pantai timur Hokkaido serta wilayah barat daya Kochi dan Wakayama juga dilanda tsunami setinggi 0,9 meter.

Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan tsunami. Penyiar NHK juga meminta warga untuk berlindung ke wilayah lebih tinggi.

Baca Juga: Waspada Tsunami! Jepang Hadapi Ancaman Gelombang Tinggi Akibat Letusan Gunung Api Tonga

Letusan tersebut juga memicu gelombang setinggi 1,74 meter di Chanaral, Chile. Padahal wilayah ini, lebih dari 10.000 kilometer jauhnya.

Gelombang yang lebih kecil juga terlihat di sepanjang pantai Pasifik dari Alaska, AS ke Meksiko. Di kota Santa Cruz, California, banjir juga terjadi akibat gelombang pasang yang ditimbulkan oleh tsunami,

Mengutip Reuters, pihak berwenang mengatakan dua wanita tenggelam di pantai di Peru utara karena "gelombang anomali" yang disebabkan oleh letusan. Puluhan orang juga disebut membutuhkan penyelamatan dari banjir di selatan negara itu.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X