Terima Dubes Indonesia, Begini Kata Presiden Jo Biden

- Minggu, 23 Januari 2022 | 05:45 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Presiden Amerika Serikat Joe Biden

HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Joseph R. Biden, menyambut hangat kedatangan Dubes Rosan dan keluarga di Wasington, D.C., serta menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kerjasama dalam memajukan agenda bersama, memperdalam persahabatan yang telah terjalin erat antara kedua negara.

Baca Juga: Instaliasi Listrik 20 Tahun Tak Diganti, Rumah Dinas Camat di Riau Ludes Terbakar

Indonesia dan AS telah bersahabat lebih dari 70 tahun dan Kemitraan Stategis mencerminkan komitmen bersama terhadap demokrasi dan masyarakat sipil, peningkatan perdagangan dan investasi, pecegahan perubahan iklim, keamanan regional dan global, serta pertukaran budaya. Kehadiran Anda sangat krusial untuk terus meningkatkan kerja sama yang telah terbangun dekat tersebut serta isu-isu yang menjadi kepentingan regional dan global lainnya," ujar Presiden AS ke-46 seperti dikutip dari RRI.co.id, Jumat (21/01/2022).

Presiden Joe Biden menegaskan peran penting Indonesia di kawasan.

“Kami sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di wilayah Indo-Pasifik, dan mengharapkan penguatan kerja sama di Asia Tenggara, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan seluruh dunia, khususnya dalam kaitannya dengan Presidensi Indonesia di G20 tahun 2022," tambahnya.

Presiden Biden juga menyampaikan kesiapannya untuk terus berkolaborasi dalam isu kesehatan global termasuk di antaranya kerja sama penanganan dan pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

"Serta peningkatan kesejahteraan dua bangsa melalui penguatan hubungan ekonomi dan investasi kedua negara," kata Biden.

Selain itu, Presiden Joe Biden juga berharap akan terus tumbuhnya hubungan keamanan bilateral dua negara melalui kerja sama efektif antar entitas militer, polisi dan sipil.

Diterimanya Surat-surat Kepercayaan tersebut sekaligus menandai masa tugas Dubes Rosan sebagai Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk AS yang ke-21.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: RRI

Tags

Terkini

X