Arab Saudi Buka Lowongan Masinis Perempuan, Tertarik Coba?

- Minggu, 23 Januari 2022 | 16:30 WIB
Gaji masinis perempuan di Arab Saudi Rp 30 Juta (Bogor Times)
Gaji masinis perempuan di Arab Saudi Rp 30 Juta (Bogor Times)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan kereta api Arab Saudi membuka lowongan masinis untuk pertama kalinya bagi perempuan. Ini menjadi sejarah bagi Arab Saudi, karena selama ini, masinis identik dengan lelaki.

Perempuan yang ikut pelatihan harus melewati serangkaian tes, termasuk kemampuan berbahasa Inggris. Mereka nanti akan diterjunkan langsung untuk mengangkut penumpang.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan LRT di Cibubur, 1 Orang Masinis jadi Korban

Dikutip dari Arab News melalui Kumparan.com, Minggu (23/1/2022), Direktur Politeknik Kereta Api Arab Saudi (SRP) Abdulaziz Alsogair mengatakan sistem operasi transportasi di seluruh dunia bergantung pada pengetahuan bahasa yang baik. Sehingga wanita yang mengikuti program ini membutuhkan skor IELTS minimal 3,5.

Selain kemampuan bahasa, peserta juga minimal lulus SMA dengan peringkat 70 persen ke atas. Teruntuk usia peserta, di antara 22-30 tahun.

Baca Juga: Tapai Jadi Musuh Bebuyutan Masinis Kereta Api, Kok Bisa?

Untuk gelombang pertama, SRP melatih 50 orang perempuan dan jumlah ini akan terus bertambah setiap tahunnya nanti. Para peserta yang terpilih mendapatkan sejumlah manfaat, di antaranya asuransi kesehatan, pendaftaran di Organisasi Umum untuk Asuransi Sosial, dan bonus bulanan setara Rp15 juta selama periode pelatihan.

Pelatihan akan dimulai pada 15 Januari di Jeddah dengan masa pelatihan satu tahun. Para peserta nantinya akan menerima semua yang perlu diketahui soal sistem transportasi, termasuk langkah-langkah keselamatan, ekonomi kereta api, komunikasi, sistem rem mekanis, dan mesin.

Peserta akan berlatih di simulator kereta api sebagai bagian dari kursus pelatihan praktis mereka. Setelah lulus program ini, mereka akan ditempatkan di Saudi Arabia Railways dengan gaji bulanan SR8.000 atau sekitar Rp30 juta.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X