Ada Apa? Joe Biden Mendadak Puji Indonesia

- Minggu, 23 Januari 2022 | 17:30 WIB
Presiden AS Joe Biden telah mengakui kemungkinan mencapai beberapa kesepakatan dengan Rusia terkait dengan non-penempatan senjata strategis di Ukraina.
Presiden AS Joe Biden telah mengakui kemungkinan mencapai beberapa kesepakatan dengan Rusia terkait dengan non-penempatan senjata strategis di Ukraina.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan pujian kepada Indonesia. Pujian ini dilontarkan lantaran kedua negara telah menjalin kerja sama cukup lama dan akan terus dilanjutkan.

Pujian tersebut dilontarkan setelah datangnya Duta Besar (Dubes) RI untuk AS Rosan Perkasa Roeslani. Biden mengungkapkan, Indonesia telah memiliki peran penting di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga: Memanas, Joe Biden Tuding Trump Sebar Kebohongan soal Kerusuhan Gedung Capitol

"Kami sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di wilayah Indo-Pasifik," kata Biden dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (23/1/2022).

Dia mengungkapkan, Indonesia dan Amerika Serikat telah bekerja sama lebih dari 70 tahun. Untuk itu dia mengharapkan kerja sama tersebut akan dilanjutkan di berbagai bidang. Mulai dari isu kesehatan global, investasi, hingga hubungan keamanan bilateral dua negara melalui kerja sama efektif antar entitas militer, polisi dan sipil.

Baca Juga: Menko Airlangga Dampingi Presiden Jokowi Temui Joe Biden Bahas Geopolitik Indo Pacific

"(AS) mengharapkan penguatan kerja sama di Asia Tenggara, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan seluruh dunia, khususnya dalam kaitannya dengan Presidensi Indonesia di G20 tahun 2022," lanjutnya.

AS kini menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia. Hingga November 2021 lalu, nilai perdagangan dua arah mencapai US$ 33,2 miliar atau naik 35.3% pada periode yang sama tahun 2020.Investasi AS ke Indonesia juga naik 172,7% dengan nilai US$ 1,3 miliar. Ini menjadikan AS sebagai penyumbang investasi asing terbesar ke-6 bagi Indonesia.

Untuk diketahui, Rosan Roeslani dilantik menjadi Dubes RI untuk AS oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 25 Oktober 2021 lalu. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X