Sapu 3 Pulau, Tsunami Tonga Ternyata Capai 15 Meter

- Senin, 24 Januari 2022 | 09:45 WIB
Ilustrasi tsunami.  (Istimewa)
Ilustrasi tsunami. (Istimewa)

NUKU'ALOFA, HARIANHALUAN.COM - Tiga pulau di Tonga luluh lantak akibat tsunami dipicu letusan gunung bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai pada 15 Januari lalu. Tonga merupakan negara Pasifik yang memiliki sekitar 170 pulau, terbentang seluas 699.000 kilometer persegi.

Sebagian besar dari pulau itu tidak berpenghuni. Pulau terbesar adalah Tongtapu tempat ibu kota Nuku'alofa berada.

Baca Juga: Tsunami Tonga Sampai AS dan Jepang, Bagaimana Nasib Indonesia?

Tiga pulau yang disapu tsunami itu, yakni Nomuka, Mango dan Fonoifua, dihuni oleh sebagian kecil masyarakat.

Juru Bicara Palang Merah di Fiji Katie Greenwood mengatakan, hampir semua rumah di ketiga pulau musnah rata dengan tanah disapu gelombang.

Baca Juga: Tsunami di Tonga, Sampai Kini Nasib 5 WNI Belum Diketahui

"Rumah-rumah benar-benar musnah. Ini memilukan dan menghancurkan bagi masyarakat pulau terpencil itu," kata Greenwood, dikutip dari The New York Times melalui iNews.id, Senin (24/1/2022).

Dia menambahkan, Pulau Nomuka, Mango, dan Fonoifua diterjang ombak setinggi hampir 15 meter. Ini berbeda dengan gelombang yang menerjang Tongatapu, tak lebih dari 1 meter.

Meski demikian hingga Sabtu (22/1/2022), pemeritnah Tonga hanya mengonfirmasi tiga korban meninggal akibat letusan gunung dan tsunami. Bencana dahsyat ini menewaskan satu penduduk Mango, satu di Nomuka, serta seorang perempuan Inggris di Tongatapu yang hanyut saat mencoba menyelamatkan anjing-anjingnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X