Presiden Armenia Mundur, Ngaku Tak Lagi Punya Pengaruh di Masa Krisis

- Senin, 24 Januari 2022 | 13:15 WIB
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia Armen Sarkissian di Emirates Palace Abu Dhabi, Senin pagi (13/1/2020). (antara)
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia Armen Sarkissian di Emirates Palace Abu Dhabi, Senin pagi (13/1/2020). (antara)

YEREVAN, HARIANHALUAN.COM - Presiden Armenia Armen Sarkisian pada Minggu (23/1/2022) mengumumkan bahwa dia mengundurkan diri dari jabatannya, karena kantornya tidak mampu mempengaruhi kebijakan selama masa krisis nasional.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (24/1/2022), pengumuman itu muncul di tengah periode ketidakstabilan di negara kecil bekas Uni Soviet, yang sedang berjuang secara ekonomi setelah perang dengan saingan lama Azerbaijan.

Baca Juga: Terima Dubes Indonesia, Begini Kata Presiden Jo Biden

Kekalahan telak Armenia dan hilangnya wilayah yang disengketakan pada akhir 2020, akhirnya memicu demonstrasi jalanan besar-besaran dan krisis domestik yang mengadu Sarkisian dengan Perdana Menteri Nikol Pashinyan.

"Ini bukan keputusan yang didorong secara emosional dan berasal dari logika tertentu," kata Sarkisian dalam sebuah pernyataan di situs resminya.

Baca Juga: Jumlah Pelaku UMKM Besar, Presiden Dorong Kemudahan Akses Permodalan

"Presiden tidak memiliki alat yang diperlukan untuk mempengaruhi proses penting kebijakan luar negeri dan dalam negeri di masa-masa sulit bagi rakyat dan negara," terang Sarkisian yang yang sebagian besar jabatannya bersifat seremonial.

AFP melaporkan, inti dari ketidaksepakatan itu adalah pemecatan kepala staf militer Armenia. Sarkisian telah menolak menandatangani perintah dari Pashinyan agar dia dipindahkan, yang merupakan pukulan serius bagi perdana menteri yang kontroversial.

Pada saat itu, Presiden yang akan keluar itu mengatakan krisis tidak dapat diredakan melalui pergantian personel yang sering.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X