Asal Muasal Ucapan Presiden Prancis Soal Islam yang Tuai Kritik

- Senin, 26 Oktober 2020 | 19:42 WIB

HARIANHALUAN.COM - Gejolak akibat pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, karena dinilai menghina Islam menimbulkan kecaman dari sejumlah pihak.

Polemik itu dimulai sejak awal Oktober. Saat itu Macron menyampaikan pernyataan tentang ancaman kelompok radikal Muslim yang ingin mengubah nilai-nilai liberalisme dan sekulerisme di Prancis.

"Ada kelompok radikal Islam, sebuah organisasi yang mempunyai metode untuk menentang hukum Republik dan menciptakan masyarakat secara paralel untuk membangun nilai-nilai yang lain," kata Macron saat itu.

Tidak lama setelah menyampaikan pernyataan itu, sebuah tragedi terjadi pada 16 Oktober. Seorang guru sejarah di Prancis, Samuel Paty (47), dipenggal di daerah Eragny oleh seorang pemuda pendatang dari Chechnya, Abdoullakh Abouyezidovitch (18).

Pemicunya adalah dia sempat membahas tentang kartun Nabi Muhammad S.A.W., di dalam kelas yang kemudian menuai kontroversi. Di awal, dia sudah mengizinkan sejumlah pelajar Muslim untuk keluar kelas jika tidak sepakat dengan materi yang dia bahas.

Topik pembelajaran itu lantas diceritakan oleh sejumlah murid Muslim kepada orang tua mereka. Peristiwa itu lantas ramai diceritakan di media sosial.

Paty yang melihat unggahan itu kemudian mengadu ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik.

Abouyezidovitch disebut melihat unggahan itu di media sosial dan merencanakan membunuh Paty. Dia lantas mendekati murid-murid di SMU du Bois d'Aulne untuk mengenali incarannya, dengan imbalan uang.

Pemuda itu kemudian menyerang saat Paty pulang kerja. Dia kemudian ditembak mati oleh polisi karena dianggap mengancam lantaran membawa senjata mainan yang dikira senjata api.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Jamaah yang Sudah Divaksin Sinovac Dibolehkan Umrah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:10 WIB

Selama Pandemi, Kasus Bunuh Diri di Thailand Meningkat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:40 WIB

Kecelakaan Pesawat di Rusia, 16 Orang Dilaporkan Tewas

Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:35 WIB

Terpopuler

X