Prancis Warning Warganya agar Hati-hati di Indonesia, Ini Tanggapan Kemlu

- Rabu, 28 Oktober 2020 | 11:09 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Luar Negeri Prancis mengeluarkan 'nasihat keselamatan' dan diminta hati-hati, terutama untuk warganya yang berada di Turki, Irak, Bangladesh, Mauritania termasuk Indonesia, Pada Selasa (27/10/2020) kemarin.

Pasalnya masyarakat muslim di seluruh dunia kini berang dengan pernyataan kontroversial Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Mereka diminta menjauh dari protes apapun atas dipublikasikannya kembali kartun Nabi Muhammad SAW di Prancis, dan pernyataan kontroversial dari Macron mengenai Muslim. Mereka juga diminta untuk menghindari pertemuan publik.

"Direkomendasikan untuk melakukan kewaspadaan terbesar, terutama saat bepergian, dan di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan atau komunitas ekspatriat," ujar pengumuman itu, dikutip Reuters pada Rabu (28/10/2020).

Kementerian Luar Negeri RI menanggapi hal tersebut. Juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah mengatakan hal tersebut wajar dilakukan, sebab Indonesia juga sering melakukan hal tersebut.

"Himbauan pihak Perancis terhadap WN Perancis untuk berhati-hati wajar saja, karena Pemerintah Indonesia juga kerap mengeluarkan himbauan untuk meningkatkan kehati-hatian dalam kondisi tertentu di satu negara," kata Teuku kepada CNBC Indonesia.

"Sesuai Konvensi Wina, pemerintah (juga) wajib memberikan perlindungan bagi perwakilan diplomatik asing, baik personal maupun aset."

Sebelumnya, seorang guru sejarah dan geografi di sebuah sekolah pinggiran di kota Paris, yakni Samuel Paty (47) menunjukkan karikatur tokoh panutan umat Islam Nabi Muhammad SAW dalam kelas yang dia ajar pada 6 Oktober lalu.

Sepuluh hari berselang, Paty dibunuh oleh seorang remaja kelahiran Rusia bersuku Chechen. Hal ini membuat publik gempar. Tak disangka pelajaran yang ditujukan berbuntut pada kejadian tragis dan menimbulkan perpecahan serta keresahan di masyarakat.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

PBB Keluarkan Peringan, Bumi Memasuki Fase Kritis!

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:05 WIB

Indonesia-Pakistan Jajaki Kerja Sama Antar BUMN

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 03:00 WIB

Innalillahi, 46 Orang Tewas akibat Banjir di India

Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:35 WIB
X