Waduh! Diduga Hacker Sudah Meretas 190GB Data Rahasia Samsung

- Minggu, 6 Maret 2022 | 21:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 


HARIANHALUAN.COM - Beberapa data rahasia Samsung dilaporkan telah bocor karena dugaan serangan siber oleh kelompok hacker atau peretas. Pada hari Jumat, 4 Maret 2022, kelompok peretas Amerika Selatan Lapsus$ mengunggah sejumlah data yang diklaimnya berasal dari produsen smartphone itu.

Menurut Bleeping Computer, kelompok pemerasan data Lapsus$ membocorkan sejumlah besar data rahasia yang mereka klaim berasal dari Samsung Electronics, Jumat. Kebocoran terjadi kurang dari seminggu setelah Lapsus$ merilis arsip dokumen 20GB dari 1TB data yang dicuri dari desainer GPU Nvidia.

Dalam catatan awal yang diposting Jumat, kelompok peretas itu mengungkap akan merilis data Samsung dengan snapshot dari instruksi C/C++ dalam perangkat lunak Samsung.

Baca Juga: BKMT Sumbar Gelar Wirid Bulanan di Masjid Raya Jihad Padang Panjang

Tak lama setelah mengungkap ke pengikut mereka, Lapsus$ menerbitkan deskripsi kebocoran yang akan datang, dan mengatakan bahwa bocoran itu berisi "kode sumber rahasia Samsung" yang berasal dari peretasan, yaitu:

• kode sumber untuk setiap Trusted Applet (TA) yang dipasang di lingkungan TrustZone Samsung yang digunakan untuk operasi sensitif (misalnya kriptografi perangkat keras, enkripsi biner, kontrol akses)
• algoritme untuk semua operasi unlock biometrik
• kode sumber bootloader untuk semua perangkat Samsung terbaru
• kode sumber rahasia dari Qualcomm
• kode sumber untuk server aktivasi Samsung
• kode sumber lengkap untuk teknologi yang digunakan untuk mengesahkan dan mengautentikasi akun Samsung, termasuk API dan layanan

Jika detail di atas akurat, Samsung telah mengalami pencurian data besar yang dapat menyebabkan kerusakan besar pada Samsung.

Lapsus$ membagi data yang bocor menjadi tiga file terkompresi dengan total hampir 190GB dan membuatnya tersedia dalam torrent yang tampaknya sangat populer, dengan lebih dari 400 rekan berbagi konten.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Punya Kecemasan Berlebihan

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: tempo.id

Tags

Terkini

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X