Muslim Makin Terpinggirkan, Pengadilan India Perkuat Larangan Hijab di Kelas

- Rabu, 16 Maret 2022 | 09:40 WIB
Massa demo soal larangan hijab di India (Foto-Republika)
Massa demo soal larangan hijab di India (Foto-Republika)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebuah pengadilan India pada Selasa 15 Maret 2022 menguatkan larangan mengenakan hijab di kelas-kelas di negara bagian Karnataka.

Keputusan ini dapat menjadi preseden bagi seluruh negara bagian India yang memiliki minoritas Muslim yang besar.

Larangan bulan lalu oleh Karnataka memicu protes sejumlah siswi dan orang tua Muslim, dan protes balik oleh siswa Hindu.

Baca Juga: Ada Apa Nih? Wanita Nonmuslim Kanada Ramai-ramai Pakai Hijab

Para pengkritik larangan mengatakan aturan itu adalah cara lain untuk meminggirkan komunitas yang menyumbang sekitar 13 persen dari 1,35 miliar penduduk India yang mayoritas Hindu.

"Kami berpendapat bahwa mengenakan hijab oleh wanita Muslim tidak menjadi bagian dari praktik keagamaan yang penting," kata Ketua Hakim Ritu Raj Awasthi dari Pengadilan Tinggi Karnataka dalam putusannya.

Dia mengatakan pemerintah memiliki kekuatan untuk mengatur pedoman yang seragam dan menolak berbagai petisi yang menentang perintah tersebut.

Baca Juga: Ngeri! Ibu-ibu Rumah Tangga di India Bunuh Diri Tiap 25 Menit

Menjelang putusan, pihak berwenang Karnataka mengumumkan penutupan sekolah dan perguruan tinggi. Mereka juga memberlakukan pembatasan pertemuan publik di beberapa bagian negara bagian untuk mencegah potensi masalah.

Karnataka, rumah bagi pusat teknologi Bengaluru, adalah satu-satunya negara bagian selatan yang diperintah oleh partai nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi. Negara bagian ini dijadwalkan mengadakan pemilihan majelis negara bagian tahun depan.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X