Antara Presiden Ukraina vs Rusia, Siapa yang Terkaya?

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 09:23 WIB
Kolase foto Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Russian Presidential Press Service and Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Kolase foto Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Russian Presidential Press Service and Ukrainian Presidential Press Office via AP)


HARIANHALUAN.COM - Dua pimpinan negara, Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky menjadi sorotan dunia sejak beberapa waktu lalu. Ini karena negara yang mereka pimpin, Rusia dan Ukraina terlibat peperangan sengit hingga saat ini. Semua informasi mengenai kedua presiden itu selalu menarik untuk dibicarakan. Termasuk soal kekayaan keduanya, seperti apa gambarannya?

Putin sebagai presiden dikabarkan digaji sekitar US$117 ribu atau sekitar Rp1,6 miliar per tahun. Ini dilaporkan laman ABC pada Februari lalu yang mengutip keterangan dari Kremlin.

Dokumen resmi juga dirilis tiap tahunnya. Salah satunya pria 69 tahun itu dikabarkan baru menjual sebidang tanah kecil, namun juga memiliki apartemen seluas 77 meter persegi dan sebuah garasi.

Menurut klaim Kremlin, di dalam garasi tersebut terdapat dua mobil Volga era Soviet tahun 1960-an. Selain itu juga ada mobil Lada Vida, dikutip Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: UPTD Air Bersih Kota Pariaman Incar Sistem BLUD untuk Kembangkan Pengelolaan

Namun kritikus meragukan klaim itu. Pemodal asal Amerika Serikat (AS), Bill Browder mengatakan Putin nampaknya bisa menyembunyikan hingga US$200 miliar. Dia juga menambahkan Putin merupakan salah satu negara terkaya dunia.

Kabarnya, Putin juga punya properti mewah seperti di pantai Laut Hitam. Bangunan bergaya Italia itu kabarnya dibangun dengan biaya lebih dari US$1 miliar dengan luas 17 ribu meter persegi.

Terdapat perkebunan luas, helipad, gereja, hingga gua anggur. Selain itu juga terdapat kolam renang dan lusinan kamar di dalamnya.

Gaya hidupnya juga begitu mewah. Kabarnya Putin merupakan kolektor jam tangan mahal dengan nilai US$687 ribu (Rp 9,8 miliar) serta berpakaian eksklusif dengan setelan khusus dan dasi merek Valentino.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X