Amerika Serikat Jatuhkan Sanksi Kepada Korea Utara, Ini Alasannya

- Jumat, 25 Maret 2022 | 11:05 WIB
Jubir Deplu As, Ned Price (Reuters )
Jubir Deplu As, Ned Price (Reuters )

HARIAN HALUAN - Amerika Serikat (AS) jatuhkan sanksi kepada dua perusahaan Rusia dan satu entitas Korea Utara pada Kamis 24 Maret 2022.

Hal ini dikatakan Departemen Luar Negeri AS dikarenakan Rusia dan Korea Utara telah mentransfer barang-barang sensitif ke program rudal Korut.

"Sanksi ini diberikan kepada entitas Rusia, Ardis Group of Companies LLC (Ardis Group) dan PFK Profpodshipnik LLC serta entitas Korut yaitu Biro Urusan Luar Negeri Akademi Ilmu Pengetahuan Alam Kedua," kata Deplu AS seperti dikutip dari SindoNews.

Baca Juga: Rudal Hipersonik Amerika Dikembangkan Takut Tertinggal dari Rusia dan China

Deplu AS menjelaskan selain perusahaan tersebut juga sanksi kepada warga negara Rusia Igor Aleksandrovich Michurin dan warga negara Korea Utara Ri Sung Chol.

"Langkah-langkah ini juga bagian dari upaya kami untuk menghalangi DPRK untuk memajukan program misilnya dan menyoroti peran negatif yang dimainkan Rusia di panggung dunia sebagai pengembang program yang menjadi perhatian," ujar juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price.

Kemudian AS juga menjatuhkan sanksi lain kepada hengzhou Nanbei Instrument Equipment Co Ltd karena memasok Suriah dengan peralatan yang dikendalikan oleh rezim nonproliferasi senjata kimia dan biologi yang dikenal sebagai Grup Australia.

Baca Juga: Kim Jong-Un Pantau Langsung Uji Coba Rudal Monster, Inilah Rudal yang Bisa Capai Daratan AS

"Sanksi terhadap perusahaan China menggarisbawahi kekurangan Beijing dalam menerapkan kontrol ekspor dan rekam jejak nonproliferasi dan sesungguhnya, uji coba nuklir jarak jauh telah dihentikan sejak Kim Jong-un bertemu dengan presiden AS saat itu, Donald Trump untuk pertarungan diplomasi yang gagal dan runtuh pada 2019," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Kim Jong Un Sakit Keras, Disebut Tak Bisa Berbaring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X