Dubes Rusia untuk RI, Lyudmila Vorobyeva: Warga Indonesia Dukung Operasi Militer Khusus Rusia

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 23:04 WIB
Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Y.M. Ibu Lyudmila Georgievna Vorobieva /BIRO KLIP Kemenko Perekonomian
Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Y.M. Ibu Lyudmila Georgievna Vorobieva /BIRO KLIP Kemenko Perekonomian

HARIAN HALUAN- Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyeva menyebut bahwa warga Indonesia mendukung operasi militer khusus Rusia di Ukraina dan menyetujui kebijakan Presiden Vladimir Putin.

Hal itu disampaikan Dubes Lyudmila kepada kantor berita Rusia, RIA Novosti, sebagaimana dilansir SindoNews, Sabtu 26 Maret 2022.

Sebelumnya, pengguna media sosial Indonesia secara besar-besaran mendukung operasi khusus Rusia di Ukraina, berdasarkan laporan perusahaan Indonesia yang memantau dan menganalisis konten media sosial, Evello.

Baca Juga: Daftar HP Xiaomi yang Bisa Upgrade dan Cara Update MIUI 13

Menurut analis dari perusahaan pemantau itu, reaksi netizen Indonesia seperti itu terutama disebabkan oleh sikap negatif yang meluas terhadap Amerika Serikat (AS) dan blok NATO.

“Memang masyarakat Indonesia memiliki dukungan luas terhadap operasi militer khusus Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina,” katanya.

Kendati demikian ada beberapa penjelasan terkait hal itu.

Pertama, menurutnya, sentimen anti-Amerika yang kuat diamati di negara kepulauan itu (Indonesia) sehubungan dengan serangan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan sekutunya terhadap negara-negara seperti Irak, Suriah, Libya, Afghanistan dan lainnya.

"Selain itu, tindakan orang Barat yang gagal di jalur perang melawan terorisme, di mana sebagai akibatnya "saudara seiman" mati secara massal, dan Indonesia, negara Muslim terbesar di dunia dalam hal populasi, membangkitkan reaksi yang sesuai dari netizen. Kebijakan ekspansionis NATO juga menyebabkan kebingungan di sini," tambah Vorobyova seperti dikutip dari kantor berita Rusia itu, Sabtu 26 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Juni Fitra Yenti

Sumber: RIA Novosti, Sindo News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kim Jong Un Sakit Keras, Disebut Tak Bisa Berbaring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X