Ramai Dijatuhi Sanksi, Turki Siap Sambut Kedatangan Miliarder Rusia yang Terkena Imbas Invansi

- Senin, 28 Maret 2022 | 15:02 WIB
Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.
Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

HARIAN HALUAN - Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu akan menyambut kedatangan para miliarder Rusia yang negaranya terkena sejumlah sanksi bisnis dan ekonomi.

Seperti yang diketahui sebelumnya, negara-negara Barat berikan sanksi kepada Rusia akibat invansi yang dilakukan ke Ukriana. Akibatnya, para pejabat dan miliarder Rusia pun terkena imbasnya.

Cavusoglu menuturkan, sambutan terhadap para miliarder Rusia itu merupakan langkah yang sah selama kapal pesiar tetap berada di luar perairan teritorial negara-negara pemberi sanksi.

Baca Juga: Usai Dianggap Gagal Duduki Kyiv, Kepala Intelijen Pertahanan Tuding Rusia Ingin Pecah Belah Ukraina

"Kami menerapkan sanksi yang disetujui PBB, jadi jika ada warga Rusia yang ingin mengunjungi Turki, tentu saja mereka dapat mengunjungi Turki. Sekarang orang Rusia datang mengunjungi Turki, itu tidak masalah,” kata Mevlut Cavusoglu di Doha, Qatar seperi dilansir di CNBC.

Lebih lanju,t Cavusoglu menjelaskan penyambutan ini bisa saja diperluas ke urusan bisnis dan investasi selama itu legal dan tak bertentangan dengan Hukum Internasional.

"Jadi jika maksud Anda oligarki ini dapat melakukan bisnis apa pun di Turki, maka tentu saja jika itu legal dan tidak bertentangan dengan hukum internasional, saya akan mempertimbangkannya. Tetapi jika bisnisnya bertentangan dengan hukum internasional maka itu cerita lain " ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Disebut Tidak Punya Kapasitas Mendamaikan Rusia dan Blok Barat

Terkait konflik Rusia-Ukraina, Turki mengecam keras tindakan yang tidak beralasan dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Kendati demikian, negara itu juga menentang sanksi berat yang dijatuhkan NATO.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kim Jong Un Sakit Keras, Disebut Tak Bisa Berbaring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X