Tak Sangka! Petani Ini Temukan Gelang Indah Berusia 3.300 Tahun Ketika Bajak Sawah

- Rabu, 30 Maret 2022 | 20:26 WIB
Sebuah gelang yang ditemukan oleh petani
Sebuah gelang yang ditemukan oleh petani

HARIANHALUAN.COM – Seorang petani di Turki menemukan sebuah gelang kuno berusia 3.300 tahun dari era Het, saat membajak areal persawahannya. Petani yang tinggal di desa itli di distrik Mecitözü, membawa gelang langka ke Museum orum.

Para ahli menjelaskan artefak tersebut berasal dari peradaban Het kuno dan mereka tengah melakukan restorasi. Mereka kemudian mencatatnya di inventaris museum dan memasukkannya ke dalam koleksi.

Diketahui, gelang indah itu terbuat dari perunggu, nikel, perak dan emas dan dihiasi dengan penggambaran simbol Het, termasuk citra Itar/Auka dan pelayannya Ninatta dan Kulitta.

Baca juga: Gelang Antibegal Karya Mahasiswa PNP, Pakai Sensor Jantung

Resul Ibiş, seorang arkeolog di museum, mengatakan kepada Ihlas News Agency (IHA) bahwa gelang itu telah dipajang untuk pengunjung.

“Setelah evaluasi awal, kami menyadari bahwa karya ini belum pernah terjadi sebelumnya dan kami belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya,” katanya.

Ia menambahkan bahwa gelang itu berasal dari abad ke-13 SM. Ibiş juga mencatat bahwa gelang itu berubah bentuk ketika dibawa ke museum dan beberapa bagiannya hilang, tetapi mereka mengembalikannya.

Arkeolog mencatat bahwa sangat sedikit perhiasan dari era Het dan potongan ini menjelaskan gaya perhiasan peradaban lampau.

Seperti dikutip dari Daily Sabah, Çorum adalah rumah bagi kota kuno Hittite Hattusa, salah satu tujuan wisata cukup penting di Turki. Kawasan Ini berfungsi sebagai museum terbuka dengan tembok kota sepanjang 6 kilometer (hampir 4 mil), gerbang kota yang monumental, lorong bawah tanah sepanjang 71 meter (78 yard), istana Het di Büyükkale , 31 candi yang digali dan silo gandum kuno.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X