Makam Pertama Navigator Legendaris Christopher Columbus Ditemukan di Spanyol

- Minggu, 10 April 2022 | 09:19 WIB
Monumen Christopher Columbus menunjuk ke arah Amerika saat matahari terbenam keemasan di La Rambla, Barcelona, Spanyol. (Foto Shutterstock)
Monumen Christopher Columbus menunjuk ke arah Amerika saat matahari terbenam keemasan di La Rambla, Barcelona, Spanyol. (Foto Shutterstock)

HARIANHALUAN.COM - Makam pertama Christopher Columbus, navigator abad ke-15 yang mengubah dunia ketika secara tidak sengaja menemukan Amerika ketika mencoba menemukan jalur laut arah barat ke Timur, telah ditemukan di Valladolid, Spanyol.

Telah lama diketahui bahwa Columbus dimakamkan di Valladolid setelah kematiannya di sana pada tahun 1506 tetapi lokasi makamnya yang tepat tidak diketahui sampai sekarang.

Tiga tahun kemudian jenazahnya dibawa ke pandam keluarganya di selatan kota Seville dan dipindahkan beberapa kali lagi selama abad-abad berikutnya sebelum kembali ke Seville pada tahun 1898.

Baca Juga: Terbunuhnya Penguasa Tahta Ottoman yang Perkasa, Sultan Mustafa IV

Menggunakan sampel DNA dari potongan tulang yang diambil dari makam Seville, tim forensik yang dipimpin oleh Universitas Granada mengkonfirmasi pada tahun 2005 mengungkapkan bahwa sisa-sisa yang disimpan di sana memang milik Columbus.

Para peneliti kini telah menentukan bahwa dia pertama kali dimakamkan di biara San Francisco di Valladolid yang sudah tidak ada lagi, kata Museum Angkatan Laut Spanyol yang membantu mengoordinasikan penelitian tersebut dalam sebuah pernyataan dilansir dari Daily Sabah pada Minggu (10/4/2022).

Situs itu saat ini merupakan zona komersial di dekat Plaza Mayor yang luas, area pejalan kaki yang luas dikelilingi oleh bangunan melengkung yang dicat merah.

Baca Juga: Pasar Surga, Apa Hanya Lelaki Saja yang Boleh Kesana?

Kesimpulan ini mengikuti "penyelidikan sejarah terperinci, dikonfirmasi oleh radar penembus tanah," tambah pernyataan itu.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X