Zelensky 'Provokasi': Seluruh Proyek Eropa Adalah Target Rusia, Tidak Hanya Ukraina

- Minggu, 10 April 2022 | 19:51 WIB
Seorang anggota dinas Ukraina berdiri di gedung yang rusak berat di Stoyanka, Ukraina, 27 Maret 2022. (AP Foto)
Seorang anggota dinas Ukraina berdiri di gedung yang rusak berat di Stoyanka, Ukraina, 27 Maret 2022. (AP Foto)

"Invasi Rusia tidak dimaksudkan untuk terbatas pada Ukraina saja dan seluruh proyek Eropa adalah target," kata Presiden Ukraina Zelensky memperingatkan dalam pesan video.

HARIANHALUAN.COM - Invasi Rusia ke Ukraina menargetkan seluruh Eropa dan mengakhiri agresi Moskow sangat penting untuk keamanan semua negara demokrasi, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat pasukan Rusia bersiap untuk pertempuran di timur negaranya.

Zelensky mengatakan dalam pesan video larut malam kepada Ukraina bahwa tujuan perang Rusia tidak dimaksudkan untuk terbatas pada Ukraina saja dan seluruh proyek Eropa adalah target.

"Itulah mengapa bukan hanya tugas moral semua negara demokrasi, semua kekuatan Eropa, untuk mendukung keinginan Ukraina untuk perdamaian," katanya.

Baca Juga: Jepang Bekukan 400 Aset Rusia Serta Hentikan Impor Vodka Hingga Kayu

"Ini sebenarnya adalah strategi pertahanan untuk setiap negara beradab," ujarnya dilansir dari Daily Sabah pada Minggu (10/4/2022).

Rusia telah menarik pasukannya dari bagian utara negara itu dan memfokuskan kembali pada wilayah Donbass timur, di mana separatis yang didukung Moskow telah memerangi pasukan Ukraina selama delapan tahun dan menguasai beberapa wilayah sebelum perang, sekarang di hari ke-46.

Analis militer Barat mengatakan busur wilayah di Ukraina timur sedang diserang, dari Kharkiv – kota terbesar kedua di Ukraina – di utara hingga Kherson di selatan. 

Baca Juga: Amerika Desak Indonesia, Biden: Kami Tidak Ikut Jika Rusia Ada di Pertemuan G20

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X