Banjir dan Longsor! Badai Tropis Megi di Filipina 42 Tewas, 13 Ribu Jiwa Mengungsi

- Selasa, 12 April 2022 | 21:49 WIB
Banjir dan Longsor! Badai Tropis Megi di Filipina 42 Tewas, 13 Ribu Jiwa Mengungsi/SCMP
Banjir dan Longsor! Badai Tropis Megi di Filipina 42 Tewas, 13 Ribu Jiwa Mengungsi/SCMP

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 42 orang tewas saat badai Tropis Megi melanda Filipina. Badai Megi juga menyebabkan tanah longsor dan banjir.

Lebih dari 13.000 orang melarikan diri ke tempat penampungan darurat karena ladang terendam, jalan terputus dan listrik padam.

Beberapa rumah terkubur dalam lumpur hingga ke atap di provinsi Leyte yang terkena dampak parah.

Baca Juga: Berhasil Pulihkan Listrik Pasca Banjir Serang, PLN Tetap Siagakan Personil

Korban tewas akibat badai terkuat yang melanda Filipina tahun ini naik menjadi 42 oranh pada Selasa, saat tim penyelamat menemukan lebih banyak mayat dari desa-desa yang hancur akibat tanah longsor akibat hujan.

Personel darurat menangguhkan pencarian korban di sekitar Baybay City, di provinsi tengah Leyte.

"Pada sore hari karena terlalu berbahaya untuk melanjutkan dalam kegelapan," kata Marissa Miguel Cano, petugas informasi publik untuk pemerintah kota setempat dilansir dari SCMP pada Selasa (12/4/2022).

Tanah longsor dan banjir dipicu di seluruh Filipina tengah dan selatan, kata pihak berwenang pada Senin, setelah Badai Tropis Megi, hujan lebat dan mengganggu perjalanan menjelang liburan Paskah.

Lebih dari 13.000 orang mengungsi ke tempat penampungan darurat saat badai menerjang wilayah itu pada Minggu, kata badan bencana nasional, membanjiri rumah, menggenangi ladang, memutus jalan dan mematikan listrik. (*)

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X