Peringati Hari Penerbangan Manusia Internasional, Inilah Cara Koki Turki Kirim Kebab Spesial ke Luar Angkasa

- Jumat, 15 April 2022 | 10:29 WIB
Peringati Hari Penerbangan Manusia Internasional, Inilah Cara Koki Turki Kirim Kebab Spesial ke Luar Angkasa (Foto: Twitter)
Peringati Hari Penerbangan Manusia Internasional, Inilah Cara Koki Turki Kirim Kebab Spesial ke Luar Angkasa (Foto: Twitter)

HARIAN HALUAN - Bertepatan dengan Hari Penerbangan Manusia Internasionak ke-61 yang menandai dilakukannya penerbangan luar angkasa manusia pertama oleh Kosmonot Soviet, Yuri Gagarin, seorang koki di turki coba luncurkan kebab ke Stratosfer pada Selasa 12 April 2022 lalu.

Menurut laporan Daily Sabah,, Yasar Aydin mengatakan orang yang meluncurkan kebab tersebuut adalah Idris Albayrak.

Ia merupakan pemilik restoran kebab dan pengusaha lokal yang juga mahasiswa teknik luar angkasa.

Baca Juga: Turki Alami Inflasi Dahsyat Hingga Tembus 61 Persen

Idris Albayrak meluncurkan kebab Adana ke Stratisfer dan hal tersebut menjadi 'ekspor pertama ke luar angkasa' Turki.

Ia menyebut varian 'pipa' dari kebab tersebut dikenal dengan hidangan trendi baru di Provinsi Adana Selatan, dimana kebab pedas dan hati dibungkus dengan pipa baja, bukan tusuk sate tradisional agar lebih segar.

Dalam peluncuran tersebut, ia menggunakan balon cuaca helium dan kotak khusus yang dilengkapi dengan kamera dan alat pelacak.

Baca Juga: Perundingan Rusia-Ukraina di Turki Hari Ini, Erdogan: Harapkan Perdamaian Segera

Alat tersebut meluncurkan piringan ke langit Adana dan dilaporkan mencapai sekitar 388 kilometer sebelum akhirnya jatuh ke laut lepas Pantai Hatay atau sekitar 121 kilometer dari titik peluncuran.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X