Inilah 4 Negara dengan Ketahanan Pangan Terbaik di Dunia, Ternyata Tidak Ada Indonesia

- Jumat, 15 April 2022 | 11:00 WIB
Negara terkaya di dunia: Irlandia (Unsplash)
Negara terkaya di dunia: Irlandia (Unsplash)

HARIAN HALUAN - Global Food Security Index keluarkan tentang Performance of Countries based on their 2021 food security score atau data ketahanan pangan.

Hasilnya, negara di kawasan Eropa masih menguasai jajaran negara dengan ketahanan pangan terbaik di dunia.

Disebutkan oleh Global Food Security Index bahwa ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, kualitas atau mutunya, dan terjangkau serta tidak bertentangan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat.

Baca Juga: Turun ke Lapangan, Kementan Pastikan Pasokan 12 Bahan Pangan Pokok di NTB Aman

Ia membeberkan bahwa empat deretan negara dengan ketahanan pangan terbaik di duia adalah Irlandia, Austria, Inggris, dan Finlandia.

Irlandia memperoleh angka 84.0 dari skala 0-100 dan mengalahkan Austria dan Inggris yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Dilansir situs That’s Farming, Irlandia juga pernah meraih predikat ini pada 2017 serta mendapat peringkat kedua setelah Finlandia dalam indeks ketahanan pangan tahun lalu.
Dimana Irlandia berhasil menekan biaya pangan sembari mengatasi ketidaksetaraan dan memastikan bahwa stok pengamannya telah tersedia.

Baca Juga: Menko Airlangga Berkomitmen Untuk Memberikan Perhatian Pada Ketahanan Pangan Nasional

Irlandia pun mencatatkan skor 92,9 pada aspek keterjangkauan pangan, kemudian 94 pada aspek kualitas dan keamanan pangan, 75,1 pada aspek ketersediaan pangan, serta 74,1 pada aspek sumber daya alam dan ketangguhan.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X