Masjid di Kabul Meledak, 50 Jamaah Sedang Salat Jumat Tewas

- Sabtu, 30 April 2022 | 13:30 WIB
Masjid di Kabul Meledak
Masjid di Kabul Meledak

 


HARIANHALUAN.COM - Sebuah ledakan kuat menewaskan lebih dari 50 jamaah setelah sholat Jumat di sebuah masjid Kabul, Jumat (29/3/2022) waktu setempat. Insiden ini merupakan yang terbaru dari serangkaian serangan terhadap sasaran sipil di Afghanistan selama Ramadhan.

Wakil juru bicara kementerian dalam negeri Afghanistan Besmullah Habib mengatakan, ledakan menghantam masjid Khalifa Sahib di barat ibu kota Kabul pada sore hari. Serangan itu terjadi saat jamaah di masjid Sunni berkumpul seusai sholat Jumat untuk melakukan Zikr.

Zikr merupkan sebuah tindakan zikir yang dilakukan oleh beberapa Muslim tetapi dipandang sesat oleh beberapa kelompok Sunni. Kepala masjid, Sayed Fazil Agha mengatakan seseorang yang mereka yakini sebagai pelaku bom bunuh diri bergabung dengan mereka dalam acara tersebut dan meledakkan bahan peledak.

"Asap hitam membubung dan menyebar ke mana-mana, mayat ada di mana-mana," katanya seperti dilansir laman The Guardian, Sabtu. Keponakannya termasuk di antara yang tewas. "Saya selamat, tetapi kehilangan orang yang saya cintai," katanya.

Baca Juga: Walikota Balikpapan Apresiasi Gelar Pangan Murah Kementan

Seorang warga setempat, Mohammad Sabir, mengatakan dia melihat orang-orang dimasukkan ke dalam ambulans. "Ledakan itu sangat keras. Saya pikir gendang telinga saya retak," katanya.

Rumah sakit darurat di pusat kota Kabul mengatakan tengah merawat 21 pasien yang terluka dalam ledakan itu dan dua orang meninggal saat tiba. Seorang perawat di rumah sakit lain, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan telah menerima beberapa orang dalam kondisi kritis. Sebuah sumber kesehatan mengatakan rumah sakit sejauh ini telah mengambil setidaknya 30 jasad secara total.

Puluhan warga sipil Afghanistan telah tewas dalam beberapa pekan terakhir dalam ledakan, beberapa di antaranya telah diklaim oleh ISIS. Serangan terakhir terjadi pada Jumat terakhir di bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Republika

Tags

Terkini

Alamak... China Dihajar Resesi Seks, Kok Bisa?

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:32 WIB

Kim Jong Un Sakit Keras, Disebut Tak Bisa Berbaring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X