Tampil di Depan Kongres AS, Presiden Jokowi: Kita Ingin Amerika Jadi Mitra Strategis ASEAN

- Jumat, 13 Mei 2022 | 09:02 WIB
Presiden Jokowi dalam acara pertemuan dengan para pengusaha AS, di Intercontinental the Willard Hotel, Washington DC, Kamis (12/05/2022).  (Foto: Laily Rachev)
Presiden Jokowi dalam acara pertemuan dengan para pengusaha AS, di Intercontinental the Willard Hotel, Washington DC, Kamis (12/05/2022). (Foto: Laily Rachev)

HARIAN HALUAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan anggota Kongres Amerika Serikat (AS) mengajak negara itu untuk terus menjadi mitra strategis ASEAN yang saling menguntungkan.

“Kita juga ingin Amerika menjadi mitra strategis ASEAN dalam kerja sama yang inklusif dan saling menguntungkan. Saya yakin kita bersama dapat menyaksikan kemakmuran kawasan Indo-Pasifik,” ujar Jokowi dikutip Jumat, 13 Mei 2022.

Presiden Jokowi diberi kehormatan untuk berbicara pertama dan memperkenalkan pemimpin ASEAN yang hadir dalam acara tersebut. Selanjutnya bersama dengan Speaker Pelosi, Presiden Jokowi memimpin jalannya pertemuan.

Baca Juga: Presiden Jokowi di AS: Air Products Investasi USD 15 Miliar di Indonesia

Selain itu, Jokowi juga mengajak AS untuk terus menjadi bagian dari jangkar perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik.

“Sejak 2019, ASEAN telah menyepakati ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, memastikan keberlangsungan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. Saya mengajak AS untuk terus menjadi bagian dari jangkar perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik,” kata Jokowi.

ASEAN, selama lebih dari lima dekade menikmati perdamaian dan stabilitas. Negara ASEAN juga bekerja keras membangun arsitektur kawasan yang mengedepankan kerja sama.

“Paradigma win-win diperjuangkan, budaya dialog diperkokoh, kerja sama inklusif dikedepankan, dan hukum internasional dan nilai-nilai multilateral menjadi panglima,” tambahnya.

Di depan anggota Kongres AS, Presiden juga menyinggung soal perang di Ukraina yang berdampak pada ekonomi dunia termasuk kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Presiden.go.id

Tags

Terkini

X