Kunjungan Kerja ke AS, Jokowi Bertemu dengan Joe Biden, Bahas Apa Saja?

- Jumat, 13 Mei 2022 | 13:07 WIB
Jokowi dan Joe Biden bersama pemimpin negara Asean - Sekretariat Presiden  Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Jokowi Sampaikan Ini Saat Santap Malam Bersama Joe Biden", Klik selengkapnya di sini: https://kabar24.bisnis.com/read/20220513/15/1532821/jokowi-sampaikan-ini-saat-santap-m
Jokowi dan Joe Biden bersama pemimpin negara Asean - Sekretariat Presiden Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Jokowi Sampaikan Ini Saat Santap Malam Bersama Joe Biden", Klik selengkapnya di sini: https://kabar24.bisnis.com/read/20220513/15/1532821/jokowi-sampaikan-ini-saat-santap-m

HARIAN HALUAN- Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat (AS) bertemu Presiden AS Joe Biden, bahas berbagai hal.

Dalam pertemuannya, Joe Biden janji akan memberikan 15 juta dolar untuk infrastruktur, keamanan, kesiapsiagaan pandemi dan upaya lainnya dengan tujuan melawan pengaruh China di kawasan ASEAN.

Hal ini diumumkan Joe Biden pada pertemuan dengan 10 negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Gedung Putih, Washington DC yang dilanjutkan dengan makan malam bersama untuk para pemimpin negara ASEAN.

Baca Juga: Keluyuran di Jam Sekolah, 41 Pelajar Diamankan Satpol PP Padang

Tak hanya bertemu dengan Jokowi, Presiden Biden juga bertemu dengan perwakilan dari berbagai negara seperti Brunei, Kamboja, Singapura, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

Walaupun situasi terus memanas di daerah Eropa, tepatnya antara Ukraina dan Rusia, perkumpulan ini menandakan bahwa Asia Tenggara tidak pernah luput dari pandangan Amerika Serikat.

Terutama dalam membendung pengaruh-pengaruh negara rivalnya, Republik Rakyat Tiongkok di Kawasan Asia.

“Kami perlu meningkatkan permainan kami di Asia Tenggara,” kata seorang pejabat senior Pemerintahan AS, dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, Jumat (13/5).

Baca Juga: Hardiknas 2022: Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar

Menurutnya, pertemuan ini juga merupakan salah satu bentuk pemberian pilihan kepada negara-negara di ASEAN. Yakni, apakah mau memihak Amerika atau China.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X