Brutal! Polisi Israel Serang Pelayat di Prosesi Pemakaman Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:41 WIB
Pemakaman Shireen Abu Akleh dihiasi aksi kekerasan polisi Israel (Twitter: Rushdibbc)
Pemakaman Shireen Abu Akleh dihiasi aksi kekerasan polisi Israel (Twitter: Rushdibbc)


HARIAN HALUAN - Polisi Israel menyerang pelayat yang tengah menjalani prosesi pemakaman jurnalis Shireen Abu Akleh (51) yang terbunuh di Yerusalem Timur pada Rabu, 11 Mei 2022 lalu.

Israel menyerang tepat saat peti mati di pundak pelayat yang keluar dari rumah sakit St Joseph di Yerusalem Timur pada Jumat, 13 Mei 2022.

Dalam video yang beredar, terlihat pasukan Israel menendang dan memukul beberapa orang pelayat dengan menggunakan tongkat.

 

Di sisi lain, terdengar suara granat kejut dan jendela mobil jenazah pecah.

Tembakan dan jeritan terdengar dalam siaran langsung pemakaman saat pengusung jenazah berjuang untuk menjaga peti mati tetap tegak seperti dikutip dari Al Araby.

Namun beberapa pelayat yang membawa peti mati Shireen Abu Akleh akhirnya kehilangan keseimbangan dan menjatuhkannya ke tanah.

“Ini tidak dapat diterima, mereka (Israel) menyerang peti matinya dan tidak menghormati pemakaman. Shireen telah meliput kisah Palestina sejak dia masih kecil dan dia selalu ingin Yerusalem dibebaskan" ucap Rima Baqleh, sosiolog Palestina dari Yerusalem yang menghadiri pemakaman Akleh.

"Saya pikir hari ini Shireen berhasil membebaskan Yerusalem membawa bendera Palestina di tangan ribuan orang di jalan menuju pemakamannya,” tuturnya.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Sabtu, 14 Mei 2022, pihak Israel mengklaim bahwa para pelayat mengganggu ketertiban umum.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Kim Jong Un Sakit Keras, Disebut Tak Bisa Berbaring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X