Viral Langit Malam di China Memerah, Komentar Netizen Bikin Sakit Perut

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 14:25 WIB
Publik China dihebohkan fenomena langit malam berubah menjadi merah (Foto: Twitter)
Publik China dihebohkan fenomena langit malam berubah menjadi merah (Foto: Twitter)

HARIANHALUAN - Publik China baru-baru ini dihehobkan penampakan langit malam berwarna merah seperti api yang menyala. Rona merah misterius itu menyelimuti langit bukan hanya semalam, tapi beberapa kali.

Fenomena aneh itu mulai terlihat sejak Sabtu, 7 Mei 2022 di Kota Zhoushan, Provinsi Zhejiang. Video dan foto-fotonya beredar di media sosial hingga menjadi viral. Minimnya penjelasan ilmiah soal fenomena tersebut memicu munculnya berbagai spekulasi oleh netizen.

Baca Juga: Kekuatan Militer Jepang Didukung AS 'Melawan' Kebangkitan China

Dalam salah satu video viral, warga kebingungan dan bertanya-tanya mengapa langit malam menjadi merah. Ada yang berkomentar bahwa kejadian ini mungkin sebagai pertanda berakhirnya dunia, merujuk pada aktivitas manusia yang merusak.

Surat kabar pemerintah, Global Times, mengutip penjelasan ahli meteorologi, melaporkan fenomena ini mungkin disebabkan pembiasan atau hamburan cahaya. Kemungkinan besar sumbernya dari lampu nelayan di pelabuhan.

Baca Juga: Pesatnya Antara Kebutuhan dan Keinginan Akan Teknologi China

"Saat langit memerah pada Sabtu, Zhoushan sedang berkabut, berawan, dan hujan gerimis, yang mungkin disebabkan pantulan cahaya dari awan tingkat rendah," kata seorang pakar dikutip dari INews.id, Sabtu, 14 Mei 2022.

Begitu cuaca membaik, lanjut dia, lebih banyak air di atmosfer membentuk aerosol yang membiaskan dan menyebarkan cahaya kapal penangkap ikan sehingga membuat langit terlihat menjadi merah oleh masyarakat.

Namun penjelasan ahli meteorologi itu belum membuat publik puas. Beberapa netizen berspekulasi kejadian itu terkait dengan aktivitas mencurigakan seperti uji coba senjata.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X