Ulah Rusia! Kematian dan Kelaparan Mengintai, Pangan Jutaan Manusia di Seluruh Dunia Terancam

- Minggu, 15 Mei 2022 | 11:46 WIB
Ilustrasi Kelaparan (Pixabay/Kasun Chamara )
Ilustrasi Kelaparan (Pixabay/Kasun Chamara )

HARIAN HALUAN - Dampak dari serangan dan blokade Rusia di laut hitam Odesa, Ukraina bisa fatal terhadap kelangsungan hidup juta manusia di seluruh belahan dunia.

Pasalnya, Ukraina merupakan negara eksportir produk hasil bumi berupa pangan. Produk pangan penting, termasuk jagung, gandum dan jelai, serta Ukraina menjadi eksportir utama minyak bunga matahari dan makanan.

Negara-negara miskin di Afrika dan daerah lain diyakini sangat rentan terhadap kekurangan pangan yang disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Kapal penjelajah rudal Rusia, Moskva, saat ditambatkan di pelabuhan Laut Hitam Ukraina di Sevastopol. (Reuters)

Baca Juga: Media Rusia Tuding Ukraina Gunakan Ilmu Hitam Selama Perang

Menurut Pemerintah AS, Ukraina adalah salah satu dari lima eksportir global teratas untuk beberapa produk pertanian penting, termasuk jagung, gandum dan jelai, serta menjadi eksportir utama minyak bunga matahari dan makanan.

Presiden Rusia, Vladimir Putin dikenal pro pada Islam, dirinya bahkan pernah mengutip ayat Al-Quran dalam pidatonya. (IST)

Sementara, Kepala Pangan PBB David Beasley memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membuka pelabuhan di Laut Hitam.

"Jutaan orang di seluruh dunia akan mati karena pelabuhan-pelabuhan ini diblokir," katanya, Sabtu, 13 Mei 2022 dikutip dari Pikiran-Rakyat.com pada Minggu, 14 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X